Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik LRT Jabodebek saat Uji Coba 12 Juli 2023 Cukup Bayar Rp 1

Kompas.com - 30/06/2023, 20:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek akan diuji coba operasional terbatas pada 12 Juli 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, penumpang cukup membayar tarif perjalanan sebesar Rp 1 selama masa uji coba operasional terbatas.

"Diharapkan pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi dan beroperasi secara komersial," ujar Menhub, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (30/6/2023).

Menhub mengatakan, perjalanan menggunakan LRT Jabodebek dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Tercatat, waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti, Cibubur adalah 39 menit.

Sementara dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur adalah 43 menit.

"Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar 2 jam," imbuh Menhub.

LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500.000 penumpang per hari.

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Tembus Bogor, Nih Sederet Proyek Properti yang Diuntungkan

Jika digabung dengan penumpang Commuterline Jabodetabek sebanyak 1,2 juta penumpang, maka secara total akan ada 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut menggunakan kedua angkutan massal tersebut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian, Risal Wasal menyebut per Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen dan menyisakan pekerjaan terkait kalibrasi sistem operasi.

"Kami juga tengah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi, sehingga dapat segera dikeluarkan izin operasinya," tutur Risal.

Izin operasi ditargetkan dapat dikeluarkan pada bulan Juli 2023, sehingga dapat dilakukan uji coba operasi atau soft launching, sebelum nantinya beroperasi secara komersial pada bulan Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com