Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142.920 Kendaraan Menuju Arah Merak pada Hari Raya Idul Adha

Kompas.com - 30/06/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tercatat sebanyak 142.920 kendaraan menuju arah Merak melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa, Jalan Tol Tangerang-Merak pada 27-29 Juni 2023.

Jumlah kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Merak pada Hari Raya Idul Adha tersebut naik sekitar 2,16 persen dari kondisi lalu lintas normal.

Kemudian ada 149.466 kendaraan menuju arah Tol Trans-Jawa lewat GT Cikampek Utama, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang naik 85,22 persen dari kondisi normal.

Selanjutnya, ada 129.645 kendaraan melintas menuju arah Bandung lewat GT Kalihurip Utama, Tol Cipularang yang naik 57,64 persen dari lalu lintas normal.

Bergeser ke arah selatan, ada sebanyak 114.209 kendaraan menuju arah Puncak melalui Tol Jagorawi dengan kenaikan jumlah kendaraan melintas mencapai 22,99 persen dari kondisi normal.

Sementara itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menyebutkan, pada hari H Hari Raya Idul Adha tanggal 29 Juni 2023, lalu lintas kendaraan keluar Jabotabek tercatat sebanyak 147.298 kendaraan.

Baca juga: Menhub: Naik LRT Jabodebek, Waktu Tempuh Lebih Cepat daripada Lewat Tol

Jumlah ini masih meningkat sebesar 7,99 persen dari lalu lintas normal dan masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan lalu lintas yang masuk ke Jabotabek.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," ucap Lisye dalam keterangan resminya.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com