Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Reinstatement" Tuntas, Tol BSD KM 8 Dibuka Dua Arah Mulai Rabu

Kompas.com - 27/06/2023, 22:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bintaro Serpong Damai atau BSD akan membuka arus lalu lintas (lalin) dua arah di KM 8 Jalan Tol Pondok Aren-Serpong (Tol BSD) mulai 28 Juni 2023.

Sebelumnya, arus lalin di KM 8 Tol BSD arah Jakarta telah dibuka terlebih dahulu pada 24 Februari 2023.

Direktur Utama PSD Purwoto mengatakan, pengerjaan proyek BSD masih terus dilakukan untuk penyelesaian pekerjaan pengembalian kondisi (reinstatement), namun arus lalin arah Jakarta ataupun Serpong sudah dapat dilalui pengendara.

Baca juga: Banjir Terus Berulang di Tol BSD, Ini Akar Masalah dan Solusinya

"Dengan selesainya proyek tersebut kami berharap para pengguna jalan dapat merasa aman dan nyaman melewati jalan tol meski dalam kondisi hujan dengan intensitas tinggi," terang Purwoto dikutip dari rilis, Selasa (27/6/2023).

Proyek peninggian Tol BSD di KM 8 dikerjakan secara bertahap agar ruas tersebut dapat tetap dilewati kendaran.

 

Pada tahap awal, peninggian KM 8 dilakukan untuk arah Jakarta, selanjutnya secara bergantian pengerjaan proyek dilakukan untuk arah Serpong.

Lingkup konstruksi yang dilakukan dalam proyek ini di antaranya mengganti box culvert menjadi jembatan bentang sepanjang 20 meter agar aliran air Sungai Cibenda dapat cepat mengalir.

Tak hanya itu, manajemen juga melakukan peninggian jalan untuk kedua ruas sekaligus membangun kolam retensi di sisi jalan untuk menambah area tampungan air sementara.

Para pengendara dari arah Jakarta menuju ke Serpong ataupun sebaliknya dapat merasakan manfaat proyek ini.

Selain itu, akses menuju ke Cinere dan sekitarnya melalui Tol Serpong-Cinere dan akses menuju Bandara melalui Tol Kunciran-Serpong juga tidak akan terhambat saat kondisi hujan dengan intensitas tinggi.

Selama pengerjaan proyek, manajemen mengeklaim telah berupaya memastikan kondisi lalin jalan tol tetap berjalan dengan baik.

"Sehingga, para pengguna jalan tetap aman dan nyaman ketika melewati jalan tol," tutup Purwoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com