Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Hari Raya Idul Adha, Kualitas Jalan Tol Cipali Ditingkatkan

Kompas.com - 27/06/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya yang memiliki branding name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) melakukan peningkatan pelayanan demi menyambut libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan waktu libur panjang di akhir pekan ini mulai dari Kamis (28/6/2023) sampai dengan Sabtu (30/6/2023).

Mobilitas masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman ataupun berwisata pada libur panjang cuti kali ini diprediksi akan meningkat sebesar 39 persen jika dibandingkan lalu lintas normal pada periode tanggal 27 Juni sampai 2 Juli 2023.

Baca juga: Semburan Api Tak Kunjung Padam, Penyewa di Rest Area KM 86 Tol Cipali Dapat Kompensasi

Prediksi lalu lintas arus mudik tertinggi akan jatuh pada hari Rabu (28/6/2023) atau naik sebesar 64 persen yaitu sebanyak 80.815 kendaraan yang akan melintas.

Sementara arus balik tertinggi akan jatuh pada Minggu (2/7/2023) yakni 83.673 kendaraan melintas atau naik 33 persen.

ASTRA Tol Cipali akan menyambut masyarakat melalui peningkatan kualitas ruas jalan tol, armada dan petugas layanan lalu lintas yang sigap, dan rest area yang bersih agar pengguna jalan semakin nyaman dan aman dalam berkendara.

 

Kelapa Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo, menyampaikan peningkatan kualitas jalan Tol Cipali bertujuan untuk memastikan keselamatan para pengguna jalan.

“Kami berupaya meningkatkan kualitas jalan dengan melakukan perbaikan konstruksi di Tol Cipali dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan," jelas Sri.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait dengan situasi dan kondisi lalu lintas di masa liburan panjang Idul Adha ini,”lanjurnya. 

Baca juga: Evaluasi Mudik 2023, Lajur Tol Cipali-GT Kalikangkung Perlu Ditambah

Peningkatan kualitas jalan pun telah dilakukan dari Km 72 hingga Km 100 baik jalur arah Cirebon maupun Jakarta, di Km 134 arah Cirebon serta di Km 176 arah Cirebon.

Beberapa hal yang dilakukan antara lain Rekonstruksi Rigid dan Scrap Fill (SF) di area flexible pavement.

Saat ini seluruh pekerjaan sudah dihentikan sementara dan semua lajur sudah dioperasikan secara normal sehingga pengguna jalan tidak akan terhambat oleh pekerjaan di jalan tol.

Sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan, ASTRA Tol Cipali akan melakukan Live Report
kondisi terkini di tol Cipali, mulai 27 Juni hingga 2 Juli 2023. 

Para pengguna jalan bahkan bisa menyaksikan Live Report selama dua kali dalam sehari yakni pada jam 11.00 WIB dan jam 20.00 WIB.

Pengguna jalan juga dapat memantau informasi dan kondisi lalu lintas di Ruas Tol Cipali melalui aplikasi MyInfoTol.

Masyarakat pengguna jalan diimbau untuk selalu menjaga keamanan diri, keluarga, dan pengguna lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta berkendara dengan kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Apabila kelelahan atau kondisi fisik sudah tidak baik, pengemudi diminta untuk beristirahat di Rest Area terdekat.

ASTRA Tol Cipali diketahui memiliki 8 Rest Area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon, dengan fasilitas yang lengkap untuk memudahkan pengendara dalam beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com