Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Basuki, Jalur Pansela Tambah Daya Tarik Wisata Pesisir Selatan Jawa

Kompas.com - 03/06/2023, 06:28 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan lintas Pantai Selatan (Pansela) dari Banten di sisi barat hingga Banyuwangi di sisi Timur akan turut meningkatkan daya tarik wisata pesisir Selatan Pulau Jawa.

“Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat Selatan, karena tidak hanya jalannya bagus, namun juga memiliki pemandangan indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata,” ucap Basuki dikutip dari laman Antaranews, Jumat (2/6/2023).

Jembatan Kretek 2, yang berada di Jalur Pansela, memiliki panjang hingga 2,7 kilometer dan melintasi Sungai Opak.

Dibangun sejak 2021 hingga awal 2023, jembatan senilai Rp 364 miliar itu memiliki teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) untuk meredam dampak gempa bumi.

Dalam meresmikan Jembatan Kretek II, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan lintas selatan Pulau Jawa akan melancarkan distribusi logistik antar-daerah. Sehingga, akan meningkatkan daya saing perekonomian.

Baca juga: Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II di Bantul, Ikon Pertanian Yogyakarta

“Kita harapkan dengan tiga jalur yang ada di Pulau Jawa di selatan, di tengah, kemudian di utara kelancaran logistik, daya saing produk-produk yang ada akan makin baik,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan, dalam tujuh tahun terakhir, pemerintah terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia mulai dari jalan hingga lainnya.

Percepatan tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

“Permasalahan yang berkaitan dengan daya saing, percepatan ekonomi di daerah, dan pemerataan pembangunan,” tambah dia.

Pembangunan Jembatan Kretek 2 merupakan bagian dari upaya pemerintah menghubungkan ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa melalui jalur Lintas Selatan sepanjang 1.320 kilometer.

Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur jalur lintas selatan di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah telah terealisasi dan selesai 100 persen aspal.

Namun, terdapat beberapa ruas jalan yang belum terselesaikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur.

“Di Provinsi Yogyakarta kurang sedikit, tahun ini akan selesai Insya Allah kurang 14 kilometer dan yang di Jawa Timur masih kurang 24 kilometer, Insya Allah akan kita selesaikan tahun ini,” tutup Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com