Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gapeka 2023 Diberlakukan, Perjalanan KRL Bogor Line Ditambah

Kompas.com - 02/06/2023, 19:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni 2023.

Lewat adanya kebijakan baru ini, perjalanan KRL Bogor Line yang selalu padat pengguna khususnya pada jam sibuk, ditambah.

Dilansir dari laman resmi KAI Commuter, Jumat (2/6/2023), mulai 1 Juni 2023 dioperasikan sebanyak 420 perjalanan Commuter Line Bogor dengan 41 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

Untuk perjalanan di lintas Depok-Manggarai/Jakarta Kota pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00–08.00 WIB ditambah 2 perjalanan menjadi sebanyak 50 perjalanan dengan headway selama 5 menit.

Sementara untuk perjalanan lintas Jakarta Kota–Nambo/Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00–20.00 WIB ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit.

Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai ke arah Sudirman/Tanah Abang/Duri pada jam sibuk pagi, KAI Commuter juga menambah 13 perjalanan lintas Manggarai–Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan.

Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman pada jam sibuk sore, KAI Commuter menambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan di lintas Kampung Bandan–Manggarai.

Baca juga: Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Tembus 13 Juta Selama Lebaran

Sebagai alternatif pilihan pada jam sibuk pagi dan sore, pengguna Commuter Line di sekitar wilayah Tangerang yang akan menuju atau dari wilayah pusat perkantoran di kawasan Sudirman dan sekitarnya bisa menggunakan layanan perjalanan Commuter Line Basoetta.

Pengguna bisa naik atau turun di stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

Hanya saja, harga tiket Commuter Line Basoetta lebih mahal dibandingkan dengan Commuter Line biasa.

Misalnya, Stasiun keberangkatan yang dipilih adalah Stasiun Manggarai dengan tujuan Stasiun Batu Ceper, harga tiket berkisar antara Rp 10.000-Rp 35.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com