Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Laut Suplai Internet 100 Gigabyte ke Bangka Belitung

Kompas.com - 12/05/2023, 16:30 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pasar internet di Kepulauan Bangka Belitung semakin kompetitif setelah PLN Icon Plus memastikan adanya peningkatan kapasitas mulai tahun ini.

Upgrade kapasitas dari 10 Gigabyte (Gb) menjadi 100 Gb dilakukan melalui Backbone sistem kabel laut Sumatera-Bangka.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, Bangka Belitung sebagai pasar potensial yang terus memerlihatkan pertumbuhan.

"Saat ini PLN group terus memperluas jaringannya, New PLN dan juga New PLN Icon Plus, dengan semangat baru memperluas dan memperbesar jaringan yang sebelumnya 10 Gb menjadi 100 Gb untuk memenuhi permintaan Internet di Provinsi Bangka Belitung yang semakin meningkat dan tinggi," ujar Ari di Pangkalpinang, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Netciti Luncurkan Produk Wifi Baru, Jangkau Internet Lebih Luas

Ari berharap melalui kerja sama dengan PLN Wilayah Bangka Belitung, dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan juga meningkatkan layanan internet agar bisa dinikmati seluruh pelanggan.

"Semoga dengan MoU ini seluruh pelanggan PLN di Bangka Belitung dapat menikmati layanan PLN termasuk layanan internet yang saat ini semakin besar," kata Ari.

General Manager PLN Bangka Belitung Mohammad Munief Budiman menyambut baik kerja sama dengan PLN Icon Plus. Kerja sama ini dinilai bermanfaat bagi kedua pihak.

"Memang ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari Pemasaran Bersama Produk Layanan, yaitu meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan," pungkas Munief.

Merujuk data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2018, penetrasi internet di Tanah Air mencapai 64,8 persen dan levelnya naik menjadi 73,7 persen pada 2019-2020.

Sementara berdasar data 2022, pengguna internet sudah mencapai 77,02 persen atau 210 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet.

Sejauh ini penggunaan internet masih terpusat di Pulau Jawa dengan persentase 43,92 persen. Sumatera berada di peringkat kedua dengan 16,63 persen. Selanjutnya, sebesar 5,53 persen penggunaan internet berasal dari Sulawesi.

Khusus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pengguna internet sudah mencapai 80,1 persen atau 1,16 juta dari total jumlah penduduk sebanyak 1,46 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com