Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 18:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan sistem transaksi non-tunai dan nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol juga bakal berbarengan dengan aplikasi bernama Cantas.

Cantas merupakan aplikasi untuk pembayaran non-tunai yang dilakukan pengguna jalan tol melalui smartphone.

Terkait penggunaan Cantas, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku badan usaha pelaksana sistem transaksi tol MLFF berencana membuatnya sebagai aplikasi bebas kuota internet.

Perwakilan PT RITS Emil Iskandar menyampaikan, aplikasi ini tentu akan bersinggungan dengan pemakaian kuota internet.

Baca juga: Mengenal Cantas, Aplikasi Transaksi Tol Non-tunai MLFF yang Diterapkan Desember

Untuk itu, pihaknya sedang mengawali proses untuk melakukan kerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia.

"Karena nanti kita menjadikan aplikasi Cantas itu adalah aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi nantinya model bisnisnya seperti apa dengan operator itu yang sedang kita pikirkan," ujar Emil dikutip dari Antara, Jumat (20/05/2022).

Sebab, penerapan MLFF beserta aplikasi Cantas diharapkan tidak sampai memberi beban kepada masyarakat dalam bentuk biaya tambahan.

"Maka dari itu kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi, dan dalam aplikasi tersebut sudah ada built-in OBU-nya sehingga pengguna tol tidak perlu lagi membeli OBU dalam bentuk fisik," katanya.

Dia juga menekankan bahwa, PT RITS juga bekerjasama dengan Bank Indonesia, karena berkaitan dengan sistem pembayaran.

Baca juga: Bakal Diganti MLFF, Kapan E-toll Tak Bisa Dipakai Sepenuhnya?

"Pembayaran yang nanti terdapat dalam aplikasi kami ini sudah boleh dikatakan comply dengan apa yang menjadi persyaratan atau requirement Bank Indonesia dalam melaksanakan sistem pembayaran di Indonesia," terangnya.

Di samping itu, pihaknya juga tidak mengunci ke dalam satu skema ataupun satu instrumen pembayaran.

Artinya, membuka seluas-luasnya kepada seluruh instrumen pembayaran di Indonesia untuk bergabung atau terintegrasi dengan aplikasi Cantas.

"Namun dengan persyaratan atau eligibilitas yang harus dipenuhi oleh instrumen-instrumen pembayaran yang nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi Cantas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com