Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Mudik 2023, Tak Ada Lagi Kemacetan Mengular Puluhan Kilometer

Kompas.com - 25/04/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan menjadi momok "menggelisahkan" pada hajatan terbesar umat muslim Indonesia, mudik Lebaran, tiap tahunnya.

Pasalnya, kemacetan merupakan awal dari suatu masalah besar yang kemungkinan bisa terjadi setelahnya.

Seperti kemacetan puluhan kilometer yang terjadi di jelang pintu keluar atau Gerbang Tol (GT) Brebes Timur pada tahun 2016 lalu.

Sebanyak 17 orang dilaporkan meninggal dunia karena terjebak kemacetan selama puluhan jam jelang GT Brebes Timur atau beken dengan istilah Brexit.

Tragedi Brexit ini tak hanya menyebabkan korban meninggal dunia, tapi juga menyisakan kisah "saling tuding kesalahan" antara Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Insiden Brexit, Kementerian PUPR Enggan Ladeni Jonan

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah tragedi Brexit tersebut agar tidang terulang pada kemudian hari.

Di antaranya adalah menggelar program mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Berdasarkan data, dalam mengangkut penumpang dengan bus dan sepeda motor dengan truk kali ini Kemenhub menyediakan 585 bus untuk 24.072 penumpang.

Sementara untuk program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api disediakan ruang untuk lebih dari 46.000 penumpang dan lebih dari 10.000 unit sepeda motor.

Secara total, program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut, tersedia hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor.

Sedangkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis pada lebaran 2023, dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.

Baca juga: Tanggapi Tudingan Jonan, Kepala BPJT Bilang Insiden Brexit Tanggung Jawab Bersama

Kemudian upaya lain juga dilakukan dengan membatasi kendaraan logistik bertonasi lebih dari 14.000 kilogram, mobil barang tiga sumbu, dan mobil barang pengangkut hasil galian atau tambang.

Instansi lain yang ikut mendukung kelancaran mudik ini adalah Kementerian PUPR. Sepanjang 4.858 kilometer jalan nasional di Jawa telah disiapkan dan diperbaiki.

Jalan nasional tersebut tersebar di Lintas Utara, Lintas Tengah, Lintas Selatan dan Pantai Selatan (Pansela).

Untuk di Sumatera, total jalan nasional yang disiapkan ada sepanjang 7.919 kilometer dengan rincian Lintas Barat 2.562 kilometer mantap 97 persen, Lintas Timur 3.019 kilometer mantap 95 persen, dan Lintas Tengah 2.338 kilometer mantap 93 persen.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com