Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pansela Butuh Penerangan Jalan dan Akses Memadai agar Diminati Pemudik

Kompas.com - 25/04/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Pantai Selatan (Pansela) sangat potensial untuk dilintasi pemudik.

Pansela terus dikembangkan, dengan tujuan untuk mengurangi beban di Jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalan Tol Trans-Jawa.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat, Djoko Setijowarno mengatakan, Pansela bakal ramai diminati pemudik tujuan Cilacap atau Yogyakarta.

"Orang-orang dari Bandung yang rumahnya Yogya ya lewat Pansela aja, daripada memutar masuk ke Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ya makin lama mutarnya," kata Djoko saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Belum lagi, Pansela yang menawarkan keindahan alam selatan Jawa yang eksotis dan menenangkan perjalanan mudik.

Kendati demikian, jalur ini masih punya sejumlah pekerjaan rumah yang perlu digarap supaya diminati pemudik.

Pertama adalah soal penerangan jalan yang perlu ditambah, mengingat Pansela masih sepi penduduk.

"Pemudik kalau malam hari enggak berani karena gelap, tapi kalau pagi view-nya bagus," tambah Djoko.

Kedua, terkait akses menuju Pansela yang perlu dipercepat penyelesaiannya. Sebut saja Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang bakal mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi dan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

Baca juga: Pengembangan Jalur Pansela Tak akan Turunkan Pamor Pantura

Sementara berdasarkan pantauan langsung Tim Merapah Trans-Jawa Lintas Selatan Kompas.com, kondisi Jalur Pansela dari Jawa Barat hingga Jawa Timur menjelang mudik Lebaran beberapa waktu lalu dalam kondisi mulus dan nyaman dilalui.

Namun, jalur yang menawarkan keindahan alam ini masih terbilang sepi pengguna, sehingga tidak ditemukan kemacetan yang terjadi sepanjang perjalanan.

Selain itu, Pansela juga cukup minim Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), rest area atau minimarket.

Hanya saja selama menjelang mudik Lebaran kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kepolisian dan berbagai pihak lain banyak membuka posko mudik atau posko Lebaran yang bisa menjadi rest area pemudik di Pansela.

Sekalinya mendapati SPBU, pengguna jalan akan disuguhi pemandangan pantai yang biru dan indah. Seperti yang ditemukan Tim Merapah Kompas.com di Pansela kawasan Pantai Soge, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Tim Merapah Kompas.com melintas di jalur ini pada Senin (17/4/2023) sekitar pukul 09.00 WIB dan mendapati ombak Pantai Soge yang bersih dan cukup tenang. Keindahan pantai juga ditambah dengan kondisi langit yang cerah dan biru.

Pengguna jalan yang hendak mengisi bahan bakar dan beristirahat bisa sekaligus berlibur singkat atau sekadar mengambil gambar pantai yang ciamik.

Bukan hanya pantai yang membuat perjalanan terasa menyenangkan, kondisi aspal di jalan nasional tersebut terpantau dalam kondisi mulus.

Jalan menggunakan perkerasan aspal atau perkerasan fleksibel. Sesuai namanya, perkerasan ini menggunakan campuran agregat dan aspal.

Terdapat marka berwarna kuning penanda status jalan nasional yang memanjang di tengah jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com