Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Tol Cipali Bakal Jatuhi Sanksi Warung Makan yang Patok Harga Tak Wajar

Kompas.com - 23/04/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Tol Cipali selaku pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menegaskan akan memberikan sanski kepada warung makan di rest area yang memberikan harga tak wajar. 

Hal tersebut disampaikan menanggapi cuitan Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo soal mahalnya harga makanan di rest area KM 86A Tol Cipali.

Melalui akun twitternya,@sigitwid pada Sabtu (22/4/2023), Sigit mengaku telah memesan makanan pada salah satu restoran yang ada.

Menu yang dipesan cukup sederahan dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan. Namun, saat membayar, ia harus merogoh kocek hingga Rp 155.000.

Baca juga: Pemudik Kecewa, Harga Makanan di Rest Area Terlalu Mahal

Section Head Corporate Communication Astra Tol Cipali, Asri Fajarwati Ridwan membenarkan bahwa kejadian tersebut benar terjadi di rest area Tol Cipali.

“Sejauh informasi yg saya terima sampai dengan sore ini. Kejadian tersebut betul di rest area Tol Cipali yg dilakukan oleh oknum penjaga kios,” ujar Asri kepada Kompas.com, Minggu (23/4/2023).

Menurutnya, setelah pengelola melakukan konfirmasi ke pemilik kios, sang pemilik kios pun tidak mengetahui bahwa harganya dinaikan.

“Untuk hal ini, kami sebagai pengelola rest area akan memberikan sanksi kepada pemilik kios yaitu kami akan tutup sementara kios tersebut per besok," tegas Asri.

Meskipun demikian, Asri menjelaskan saat ini informasi pembayaran di rest area Tol Cipali termasuk rest area Km 86 semuanya sudah menggunakan sistem online.

Baca juga: Kementerian PUPR Sediakan 9.008 Toilet Gratis di Rest Area

"Semuanya sudah menggunakan online. Dari pengecekan harga, menu dan pemesanan sudah bisa online bisa dicek melalui link Cipali86a.isellershop.com," jelasnya.

Asri berharap tidak akan lagi terjadi hal yang sama di kemudian hari karena dengan sistem pembayaran iseller, pengelola dapat mengecek transaksi setiap tenant.

“Sekedar informasi, untuk rest area yg langsung dikelola oleh ASTRA Tol Cipali khusus rest area tipe B saja. Total ada 4 rest area, yakni rest area Km 86 arah Jakarta dan Cirebon serta rest area Km 130 arah Jakarta dan Cirebon," papar Asri. 

Sedangkan untuk rest area tipe A yang ada di Km 101, Km 102, Km 166 dan Km 164 dikelola oleh pihak ke tiga.

Meminta Maaf

Sementara itu, usai viralnya twitt milik Sigit, sang pemilik warung sudah menyampaikan langsung permintaan maafnya. 

Melalui akun @devinur098, ia berjanji akan memperbaiki sistem pembayaran dan pelayanan customer di warungnya. 

Usai mendapatkan tanggapan baik dari pihak rumah makan, Sigit berharap perbaikan bisa dilakukan sesuai harapan konsumen yang sebenarnya sangat mendukung UMKM dan menginginkan UMKM lokal bisa bersaing dengan brand-brand besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com