Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 1.850 UMKM di "Rest Area" Seluruh Jalan Tol Indonesia

Kompas.com - 18/01/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tercatat ada 1.850 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengisi rest area atau Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) di seluruh jalan tol Indonesia.

Ini artinya 72 persen lahan TIP di jalan tol telah terisi oleh UMKM. Untuk jumlah gerai non-UMKM yang mengisi jalan tol sendiri ada sekitar 709 atau 28 persen.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (18/1/2023), ketersediaan TIP di jalan tol diharapkan tidak hanya menjadi tempat singgah atau istirahat saja, tetapi juga dapat menyediakan produk lokal.

TIP diharapkan menjadi pemicu ekonomi wilayah sekitarnya didukung peran serta para pelaku UMKM terhadap peningkatan ekonomi dan sektor yang paling resilience menghadapi resesi ekonomi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan peningkatan kualitas jalan tol dan rest area harus terus dilakukan secara berkelanjutan.

Kehadiran rest area juga didorong untuk dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi perekonomian masyarakat lokal, melalui penyediaan kios-kios bagi UMKM mempromosikan produk dan kuliner sekitar.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Akan Terkoneksi Ruas JORR 2, Ini Daftarnya

Selain itu memberikan kemudahan usaha dan keringanan bagi UMKM melalui kemitraan dan surat keterangan sebagai UMKM dari instansi yang berwenang.

Kemudian menjadikan pengembangan UMKM dengan TIP dapat diberikan akses terbatas keluar jalan tol untuk perpindahan orang dan barang maupun logistik.

Sementara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku pengelola jalan tol diwajibkan mengalokasikan lahan minimal 30 persen dari total luas lahan aera komersial untuk UMKM di jalan tol yang telah beroperasi maupun dalam tahap konstruksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com