Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Tahap “Topping Off”, Knowledge Hub BSD City Beroperasi Awal 2024

Kompas.com - 31/03/2023, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Tahap pertama pembangunan gedung Knowledge Hub di kawasan Digital Hub BSD City akhirnya memasuki tahap penyelesaian akhir yang ditandai dengan prosesi topping off (penutupan atap).

Gedung Knowledge Hub tahap pertama ini akan diperuntukan sebagai area perkantoran dan berdiri di atas lahan seluas 1,1 hektar, dengan total investasi sebesar Rp750 miliar.

Rancangan gedung dibuat oleh perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, NBBJ. NBBJ sendiri memang telah berpengalaman merancang kantor pusat dari sejumlah perusahaan teknologi terkemuka seperti Microsoft, Amazon, Samsung, Alibaba, dan IBM.

Sementara, bagian interior gedung digarap oleh perusahaan desain terkemuka di Indonesia, Metaphor, yang juga telah melayani klien secara global.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon, Sinar Mas Land Hadirkan Bus Listrik di BSD City

Prosesi seremonial topping off gedung perkantoran tersebut dilakukan oleh Chairman Office Advisor Sinar Mas Land Ridwan Darmali, Group CFO Sinar Mas Land Lie Jani Harjanto, Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, dan Deputy Group CEO Sinar Mas Land Monik Wiliam. 

Kemudian hadir pula Deputy Group CEO INVITE Sinar Mas Land Ferdinand Sadeli, CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap, President Director PT Tatamulia Nusantara Indah Irwan Adi Susanto, serta President Director Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menyampaikan konsep Digital Hub telah matang secara ekosistem sehingga mendorong Sinar Mas untuk membangunnya secara progresif, khususnya Knowledge Hub.

“Pembangunan gedung ini berjalan sesuai jadwal, rencananya akan selesai pada 2024 mendatang. Kami harap keberadaan Knowledge Hub dapat memfasilitasi semakin banyaknya perusahaan teknologi & digital untuk percepatan ekonomi digital di skala nasional,” ungkap Irawan.

 

Gedung Knowledge Hub telah menerima animo positif bahkan di masa pembangunannya bahkan perusahaan e-commerce asal Tanah Air,  SIRCLO menjadi salah satu tenant pertamanya.

Pembangunan gedung Knowledge Hub serta kawasan Digital Hub BSD City merupakan salah satu agenda transformasi BSD City menjadi smart integrated digital city.

Dalam pembangunannya, Sinar Mas Land juga menggandeng Microsoft untuk menjadikan gedung Knowledge Hub sebagai smart building.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud dan AI Microsoft seperti Azure Digital Twins guna otomatisasi berbagai sistem manajemen gedung, Knowledge Hub didesain mendukung kenyamanan serta meningkatkan kualitas hidup para tenant-nya, seraya menjaga kualitas lingkungan hidup.

Director of Technology Group & Enterprise Business Microsoft Indonesia, Edy Susanto mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, Microsoft telah bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Salah satunya dengan ikut mempercepat transformasi BSD City sebagai smart integrated digital city melalui teknologi Cloud dan AI Microsoft.

“Kini, kami merasa terhormat dapat melanjutkan kolaborasi tersebut ke Knowledge Hub. Bersama mitra-mitra Microsoft yang membawa pengalaman global, keahlian industri, dan nilai-nilai lokal, kami siap bersatu karya dengan Sinar Mas Land beserta segenap ekosistem digital terkait untuk memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” jelas Edy.

Baca juga: BSD City Bakal Punya Mal Baru Tahun Depan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com