Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarang Burung Walet dari Ranting Jati Curi Perhatian di ARCH:ID 2023

Kompas.com - 19/03/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran arsitektur ARCH:ID 2023 digelar pada 16-19 Maret 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Sejumlah peserta unjuk pamer produk yang berkolaborasi dengan asrsitek ternama hadir dalam pameran ini.

Salah satu yang menarik perhatian adalah instalasi berbentuk sarang burung walet disusun dari ranting pohon jati di booth Technogym.

Karya yang dinamai mahkota dari ranting pohon jati tersebut merupakan hasil desain Ary Indra sebagai abstraksi siklus lingkungan yang berlaku untuk semua makhluk hidup, termasuk manusia.

"Manusia dengan segala kebutuhannya di dunia kontemporer ini berada di lintasan yang konstan untuk mencari esensi sejati mereka sebagai makhluk berjiwa yang membutuhkan suatu yang dapat menopang fisik maupun spiritual mereka," kata Ary Indra, seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/3/2023).

Mahkota atau sarang burung walet raksasa dan unik tersebut merupakan replikasi struktur asli yang berada di atas Bukit Sidul di Salatiga, Jawa Tengah.

"Stan ini menciptakan gagasan luhur untuk menemukan keseimbangan penting di era yang tidak pasti ini," imbuh Ary.

Baca juga: Tantangan buat Arsitek, Bangun Rumah Subsidi Tahan Gempa

Dalam pameran ini, Technogym menghadirkan peralatan fitnes ikonik buat pengunjung, seperti Run Personal, Kinesis Personal dan Cross Personal.

Produk tersebut merupakan bagian dari Personal Line, peralatan fitnes rumahan rancangan Technogym yang digabungkan dengan gaya desainer Antonio Citterio.

Personal Line dilengkapi dengan biomekanik dan teknologi digital canggih. Produk Personal Line diciptakan dengan material mewah dan berkualitas, serta dirancang untuk menjadi peralatan pelatihan sekaligus sebagai karya seni.

Selain itu, Technogym juga menampilkan solusi kebugaran canggih seperti Technogym Ride, sepeda pertama yang menyediakan layar 22 inci yang memungkinkan pengguna menyelami pengalaman dalam ruangan imersif yang belum pernah ada sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com