Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup Singapura Lirik Peluang Usaha di KEK Nongsa Digital Park

Kompas.com - 17/03/2023, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dikembangkan pada 2021, Nongsa Digital Park (NDP) Batam terus berkembang sebagai ruang kerja bagi puluhan perusahaan yang berbasis di Singapura.

Dari proyek besutan Sinarmas Land dan Citramas Group ini, telah tersalurkan ratusan Sumber Daya Manusia (SDM) digital Indonesia ke berbagai perusahaan teknologi internasional.

Hal ini tidak lepas dari kerja sama dengan Glints, sebuah situs pencarian pekerjaan asal Singapura yang juga memiliki kantor cabang di NDP.

Glints secara berkala membawa calon klien prospektif agar dapat melihat langsung ruang kerja, lingkungan kantor, serta kecakapan tenaga kerja lulusan sekolah digital dari ekosistem NDP.

Kali ini, Glints didukung oleh mitra-mitra di NDP mengundang pelaku startup dan industri dari Singapura, Rabu (15/3/2023).

Baca juga: Resmi Dibuka, Sekolah Teknologi Digital di KEK Nongsa

Executive Director Citramas Group Marco Bardelli mengatakan, ekosistem NDP telah diisi oleh perusahaan-perusahaan ternama yang beroperasi di sektor ekonomi digital secara luas, aktivitas EdTech, dan masih banyak lagi.

NDP menawarkan peluang bagi talenta Indonesia untuk meningkatkan keterampilan mereka sendiri melalui serangkaian inisiatif pendidikan kejuruan yang unggul dan menemukan peluang kerja.

"NDP juga merupakan rumah bagi Infinite Studios yang mengoperasikan studio animasi digital dan soundstage studio terbesar di wilayah tersebut," ujar Marco.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinarmas Land Irawan Harahap menambahkan, NDP dikembangkan untuk memajukan ekonomi digital nasional dan regional secara signifikan.

NDP dilengkapi dengan fasilitas digital yang lengkap, mulai dari pusat pendidikan digital, co-working space, perkantoran, kawasan industri animasi, dan perfilman hingga data center.

"Lebih dari itu, NDP diperkuat dengan keberadaan digital talent pool yang sangat memudahkan perusahaan-perusahaan terutama dari ASEAN untuk berekspansi ke sini," kata Irwan.

Dalam kesempatan itu, Commercial Director Glints Puay Lim menambahkan, NDP merupakan salah satu gerbang Singapura untuk merambah ketersediaan tenaga kerja global. Kawasan ini menyediakan banyak tenaga kerja.

Dengan jarak tempuh yang singkat hanya satu jam, perusahaan Singapura dapat menemukan talenta yang bertaraf internasional, yang mampu menghasilkan produk digital yang dapat bersaing di mancanegara.

"NDP dapat menghasilkan SDM berkualitas dengan adanya pusat-pusat pendidikan dan pelatihan digital yang secara konsisten juga membantu peningkatan mutu dan keahlian," imbuh Puay.

NDP merupakan Kawasan Ekonomi Khusus seluas 166,45 hektar yang memiliki infrastruktur utama untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi digital, termasuk infrastruktur pusat data.

Pengembangan ini diinaugurasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada 12 Juni 2021 lalu untuk menggarap peluang investasi di bidang industri digital.

KEK NDP diproyeksikan dapat meraup total investasi sebesar Rp 39,9 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang pada 2040.

NDP juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan vokasi digital seperti Infinite Learning-Apple Developer Academy dan Purwadhika Digital Technology School.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com