Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Korsel, Basuki Ingin Sistem Air Bersih di IKN Pakai Metode Ozon

Kompas.com - 17/02/2023, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ingin sistem pengeolahan air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan metode ozon seperti Korea Selatan (Korsel)

Mengingat Korsel akan berpartisipasi dalam pembangunan sistem penyediaan air bersih Sepaku Water Treatment Plant dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku Semoi di IKN.

Hal itu diutarakannya saat pertemuan bilateral dengan General Manager K-Water dan Secretary General Asia Water Council Cho Yong Deok di Jakarta Convention Center, Kamis (16/2/2023).

"Saat kunjungan saya ke Korea Selatan pada Juli 2022, saya telah melihat teknologi yang digunakan di Hwaseong Water Purtification Plant, di mana proses akhirnya menggunakan metode ozon. Saya ingin menerapkan metode yang sama di IKN," terang Basuki dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Kata Basuki, Jokowi Berkunjung ke IKN Minggu Depan

Meski rencana awal konstruksi akan dimulai pada tahun 2024, dia pun berharap proses penyusunan rencana teknis rincinya dapat dipercepat sehingga bisa mulai dibangun instalasinya pada tahun 2023.

Di sisi lain, Menteri PUPR mengapresiasi partisipasi K-Water dalam penyelenggaraan World Water Forum Ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada Mei 2024 mendatang.

Dia meyakini K-Water memiliki pengalaman, teknologi, dan kapabilitas yang sangat baik dalam sektor pengelolaan air.

Sehingga harapannya melalui event tersebut dapat mempererat kerja sama antara kedua negara.

"Saya pikir pengelolaan sektor air Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Jadi kami mengharapkan kerja sama yang lebih kuat, terutama di bidang inovasi teknologi dan knowledge sharing," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com