Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan kontrak baru senilai Rp 3,621 triliun pada tahun 2023 ini.

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi mengungkapkan, kontrak baru tersebut terdiri dari 4 proyek kerja sama operasi (KSO) dan 10 non-KSO.

"Kami sudah membidik dan mempersiapkan tender-tender (lelang) proyek seperti beberapa rumah sakit, universitas, gedung perkantoran, hingga stadion olahraga,” imbuh Gunadi dalam siaran persnya, Rabu (25/1/2023).

Selain proyek tersebut, perseroan juga turut membidik beberapa proyek pada Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui pembangunan Istana Wakil Presiden dan rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) IKN.

“Kami terus melakukan koordinasi aktif dengan beberapa konsultan perencana serta berkomunikasi dengan kementerian PUPR tentang paket-paket yang disediakan pada tahun 2023,” tambah Gunadi.

Tahun ini, perseroan bakal menyelesaikan enam proyek gedung per akhir tahun 2023 ini.

Baca juga: Nilainya Rp 10 Triliun, Ini Sederet Proyek Jalan dan Jembatan di IKN hingga 2024

Gunadi mengungkapkan, sebagian besar dari proyek-proyek tersebut rencananya akan selesai pada Semester II 2023.

Enam proyek gedung yang tuntas dibangun adalah Gedung Universitas Malikussaleh di Lhokseumawe dan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung.

Selain itu, Geodiversitas LIPI di Kebumen, RS Ibu & Anak Sanglah II di Bali, RS Ibu & Anak Sardjito Yogyakarta, hingga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Toba di Sumatera Utara.

“Target kami bukan hanya selesai tepat waktu saja, namun juga memberikan delivery dengan kualitas yang terbaik,” ujar Gunadi.

Dari sekian proyek tersebut, salah satu yang memiliki progres paling signifikan saat ini adalah Gedung Kampus Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe di Aceh.

Proyek yang dimulai sejak Agustus 2021 ini sudah memiliki progres 40 persen, dimana saat ini sedang dilakukan pengerjaan struktur baja rangka atap dan finishing (penyelesaian) arsitek.

Lingkup pekerjaan Gedung Kampus Universitas Malikussaleh arsitektur, mekanikal, engineering, plumbing, serta site development. Proyek ini ditargetkan rampung pada Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com