Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Akses Patimban Lewati 20 Desa dari 10 Kecamatan di Jabar, Ini Trasenya

Kompas.com - 25/01/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban akan segera dimulai, dengan target sudah beroperasi pada September 2024 mendatang.

Jalan tol ini diharapkan meningkatkan konektivitas Pelabuhan Patimban sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia.

Selain itu juga meningkatkan konektivitas jaringan jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional serta perkembangan Kawasan Industri, Pusat Jasa, hingga Perdagangan di Provinsi Jawa Barat.

Direktur Utama PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) Victor Nazarenko Mahandre menjelaskan, Tol Akses Patimban membentang sepanjang 37,05 Km dan terbagi menjadi lima seksi.

Trasenya meliputi, Seksi 1 Junction Cipendeuy-Simpang Susun (SS) Cipendeuy sepanjang 2,65 Km, Seksi 2 SS Cipendeuy-SS Pasir Bungur 10,13 Km, Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan 16,02 Km.

Kemudian, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara sepanjang 7,10 Km, dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban 1,15 Km.

"Jalan tol ini nantinya akan melewati 10 kecamatan dan 20 desa yang berada di Provinsi Jawa Barat yang dimulai dari Desa Sawangan, Kecamatan Cipendeuy, yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan berakhir di Desa Pusakaratu, Kecamatan Pusakanegara," jelas Victor dalam rilis pers pada Selasa (24/01/2023).

"Serta terhubung dengan jalan nasional pantai utara (pantura) dan jalan akses non-tol menuju Pelabuhan Patimban," tandasnya.

Baca juga: Proyek Tol Akses Patimban Segera Dimulai, Tuntas September 2024

Nilai investasi Jalan Tol Akses Patimban sebesar Rp 5,02 triliun dengan masa konsesi selama 50 tahun, serta dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dari kelima seksi, porsi pembangunannya dibagi menjadi dua. Seksi 1-2 dikerjakan oleh BUJT PT JAP, sementara Seksi 3-5 dikerjakan oleh Pemerintah.

"Jalan Tol Akses Patimban ini akan menjadi jalan tol yang menghubungkan akses antara Kawasan Industri di Jawa Barat dengan Pelabuhan Patimban. Selain itu juga akan menjadi jalur alternatif masyarakat di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang," terangnya.

Perlu diketahui, PT JAP merupakan BUJT yang dibentuk oleh Konsorsium BUMN-Swasta-BUMD pemenang lelang pembangunan Jalan Tol Akses Patimban.

Terdiri dari Jasa Marga selaku pemegang saham mayoritas sebesar 55%, PT NRC sebesar 22%, ADHI sebesar 6%, WIKA sebesar 6%, PT PP sebesar 6% dan PT Subang Sejahtera sebesar 5%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com