Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Tol Pasuruan-Probolinggo Dinilai, Ini Catatan Evaluasinya

Kompas.com - 03/11/2022, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah meninjau Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seiring agenda penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2022.

Penilaian di lapangan yang dilakukan Ditjen Bina Marga dan BPJT bersama Tim Pakar/Ahli untuk memastikan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) berkelanjutan.

Untuk diketahui, Tol Paspro memilki total panjang 43,75 km yang terdiri empat seksi. Tiga di antaranya telah beroperasi, sementara seksi terakhir masih dalam proses konstruksi.

Adapun ruas tol yang telah dioperasikan meliputi Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, dan Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km.

Baca juga: Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Ditarget Kelar Maret 2023, Ini Progresnya

Sejauh ini, terdapat empat buah rest area tipe B yang berada di masing-masing lajur untuk mendukung pelayanan. Yakni 2 buah di jalur kiri dan 2 buah di jalur kanan.

Anggota Tim Penilai Jalan Tol Berkelanjutan Johny P. Kusumo mengatakan, secara kualitas jalan tol sudah cukup baik.

Selain itu, telah dilakukan pengecatan wayroof (pembatas), serta sudah ada beautifikasinya.

"Tetapi untuk rest area masih perlu lagi pembinaan dari BUJT, bagaimana pengelola rest area di Tol Paspro didorong untuk lebih banyak menggandeng UMKM," tandasnya dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (03/11/2022).

Baca juga: Empat Ruas Tol Jabodetabek Disebut Penuhi Syarat Berkelanjutan, tapi...

Perlu diketahui, pembangunan Tol Paspro dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dengan nilai investasi Rp 6,3 triliun dengan hak konsesi selama 50 tahun.

Jalan tol ini memiliki empat Simpang Susun (SS) yakni SS Tongas, SS Probolinggo Barat, SS Probolinggo Timur, dan SS Gending.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com