Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Microsleep Serentak di 3 Ruas Tol Trans-Sumatera, 339 Kendaraan Diarahkan ke Rest Area

Kompas.com - 31/10/2022, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menggelar operasi microsleep di tiga ruas terpanjang di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yakni, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Operasi ini dilaksanakan mulai Sabtu (29/10/2022) pukul 23.00 WIB hingga Minggu (30/10/2022) pukul 04.00 WIB.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menuturkan, sebanyak 339 kendaraan diarahkan ke rest area dalam operasi microsleep ini.

Rinciannya, 51 kendaraan di ruas Tol Bakter, 188 kendaraan di Tol Terpeka, dan 100 kendaraan di ruas Tol Permai.

"Selain itu, ratusan kopi dan snack dibagikan pada jam-jam tersebut agar kondisi pengguna jalan kembali prima," jelas Koentjoro dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Bareng Brantas Abipraya, Hutama Karya Garap Pelebaran Jalan Soreang-Cidaun

Koentjoro menilai, operasi microsleep ini cukup efektif karena dapat menurunkan kecelakaan yang disebabkan oleh mengantuk hingga 40 persen di ruas tol yang dikelola.

Tidak hanya dilaksanakan Hutama Karya, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepolisian Daerah (Polda) setempat.

Kepala Dishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dari berbagai instansi yakni Hutama Karya selaku pengelola, Dishub, Kepolisian dan BPTD untuk melakukan penegakan ini.

“Semoga dengan pola seperti ini dapat menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan oleh human error, khususnya yang diakibatkan oleh faktor mengantuk,” tutur Bambang.

Operasi Microsleep termasuk dalam poin kampanye keselamatan berkendara bertajuk Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) yang dipelopori oleh perseroan.

Sosialisasi ini dilakukan agar pengguna jalan dapat menjadikan poin-poin dalam SETUJU ini sebagai pedoman dalam berkendara.

Poin-poin tersebut di antaranya yakni SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, tertib berkendara di jalan tol, tertib kecepatan berkendara, tertib muatan kendaraan, dan turunkan fatalitas kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com