Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASRI Bantah Kabar Mal Alam Sutera Dijual ke AEON Indonesia

Kompas.com - 02/11/2022, 11:33 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Alam Sutera Realty Tbk atau ASRI membantah kabar Mal @ Alam Sutera, Tangerang, Banten, diakuisisi oleh AEON Mall Indonesia.

Presiden Direktur ASRI Joseph Sanusi Tjong memastikan hal itu kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

"Saya tegaskan, bukan diakuisisi, dan bukan pula dikerjasamakan pengelolaannya dengan AEON Indonesia. Mal @ Alam Sutera Tangerang masih merupakan aset kami," ujar Joseph.

Dia menjelaskan, AEON Indonesia memang memiliki rencana untuk menyewa ruang-ruang di Mal @ Alam Sutera dalam ukuran besar.

Baca juga: Penjualan Central Park Mall Jakarta Sumbang Pendapatan APLN Jadi Rp 6,3 Triliun

Hal ini untuk mendukung upaya mereka melayani konsumen loyal (loyal customer) di wilayah barat dan utara Jakarta.

"Mereka masuk Mal @ Alam Sutera sebagai tenant besar," tegas Joseph.

Untuk diiketahui, Mal @ Alam Sutera merupakan pusat perbelanjaan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan urban Tangerang, wilayah barat dan utara Jakarta.

Bangunan fisik mencakup lima lantai dengan luas area sewa atau nett leasable area (NLA) 68.000 meter persegi, dan telah dioperasikan oleh ASRI sejak 12 Desember 2012.

Baca juga: Siapa Raja Mal Terbesar di Indonesia?

Mal ini menempati area seluas 7,8 hektar dengan ongkos konstruksi sekitar Rp 550 miliar.

Sementara AEON Mall Indonesia dibentuk sebagai entitas dari AEON Mall Co. Ltd., untuk mendukung ekspansi bisnis di Indonesia.

AEON Mall Co., Ltd., berbasis di Jepang yang berdiri sejak November 1911. Raksasa ini juga dikenal memiliki ekosistem bisnis ritel yang kuat. 

Tak mengherankan jika dalam setiap mal yang dibangun dan dikelola, terdapat tenant-tenant yang juga merupakan sister company-nya. Sebut saja supermarket, drugstorediscount storesmall size store, dan specialty store. 

Hingga kini, AEON Mall Indonesia telah memiliki dan mengoperasikan empat pusat perbelanjaan, yakni AEON Mall BSD City, AEON Mall Jakarta Garden City, AEON Mall Sentul City dan AEON Mall Tanjung Barat.

Adapun satu pusat perbelanjaan lagi, yakni AEON Mall Deltamas, akan dibuka pada paruh kedua 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com