Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Raja Mal Terbesar di Indonesia?

Kompas.com - 23/10/2022, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati Pakuwon Group memiliki mal atau pusat perbelanjaan Pakuwon Mall Surabaya sebagai yang terbesar di Indonesia, namun ada perusahaan lain yang pantas didapuk sebagai rajanya.

Perusahaan tersebut adalah PT Lippo Karawaci Tbk. Hingga Oktober 2022, perusahaan yang kini dikomandani oleh John Riady tersebut telah membangun, memiliki, dan mengelola 60 mal dengan total gross floor area (GFA) lebih dari 3,5 juta meter persegi.

Melalui bendera Lippo Malls, Lippo Karawaci menawarkan mal dalam seluruh kategori kelas mulai dari menengah ke bawah, menengah atas, hingga mewah. 

Baca juga: Daftar Terbaru Mal Mewah di Jakarta, Grand Indonesia Turun Peringkat

Menurut Corporate PR PT Lippo Malls Indonesia Nidia N Ichsan, dua di antara 60 pusat perbelanjaan tersebut, merupakan mal mewah.

"Keduanya adalah Lippo Mall Puri, dan Lippo Mall Kemang," ujar Nidia kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2022).

Lippo Mall Kemang dirancang dengan NLA seluas 57.474 meter persegi, sedangkan Lippo Mall Puri memiliki luas NLA 120.240 meter persegi.

Adapun 29 pusat perbelanjaan lainnya merupakan aset di bawah pengelolaan Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR), satu-satunya perwalian investasi real estat ritel Indonesia yang terdaftar di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST).

Baca juga: Ini Empat Mal Termewah di Indonesia, Diisi Merek-merek Global Eksklusif

Luas GFA ke-29 mal tersebut mencapai 1.825.720 juta meter persegi dengan NLA 956.632 meter persegi. Per 31 Desember 2021, nilai aset portofolio ini tercatat sebesar Rp 19,039 triliun.

Terdapat sekitar 3.010 penyewa dengan jenama-jenama populer di kalangan masyarakat kita yakni Carrefour, Hypermart, Matahari Department Store dan Sogo Department Store.

Kemudian Ace Hardware, Adidas, Fitness First, Giordano, H&M, Miniso, Starbucks , Timezone, Uniqlo, Victoria Secrets, Zara, dan lain sebagainya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com