Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Central Park Mall Jakarta Sumbang Pendapatan APLN Jadi Rp 6,3 Triliun

Kompas.com - 31/10/2022, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan Central Park Mall Jakarta kepada Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP), diakui sebagai salah satu faktor pendorong melesatnya kinerja PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) selama sembilan bulan atau kurun Januari-September Tahun 2022.

Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Tbk Justini Omas mengungkapkan hal itu dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Justini menjelaskan, HHP melalui CPM Assets Japan LLC telah mengakuisisi CPM dan kini memegang 71,42 persen saham CPM sementara APLN sendiri masih menguasai 28,58 persen saham CPM.

Pengakuan penjualan naik 188,3 persen menjadi sebesar Rp 6,32 triliun, dari Rp 2,19 triliun pada periode yang sama tahun lalu, di antaranya berasal dari penjualan 85 persen aset CP Mall kepada CPM.

Baca juga: Agung Podomoro Jual Central Park Mall Rp 4,5 Triliun untuk Bayar Utang

"Kami bersyukur strategi bisnis yang dijalankan oleh Perseroan berjalan dengan sangat baik dan memberikan hasil yang optimal, sehingga kinerja bisnis APLN semakin solid,” jelas Justini.

Jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021, pencapaian tersebut meningkat 154,2 persen dari catatan Rp 2,91 triliun.

Laba Kotor Perseroan juga melonjak 332,8 persen menjadi Rp 4,39 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,01 triliun.

Sementara Laba Bersih Komprehensif dalam periode sembilan bulan tahun 2022 meroket hingga 826,1 persen menjadi Rp 2,57 triliun dari Rugi Komprehensif sebesar Rp 354,1 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Justini menambahkan, terjaganya pertumbuhan bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan selama sembilan bulan tahun 2022 telah mendorong pendapatan berulang dari kedua segmen bisnis itu naik 49,5 persen menjadi Rp 1,07 triliun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 713,4 miliar.

Hingga saat ini, APLN masih memiliki dan mengelola sejumlah pusat perbelanjaan premium di Jakarta dan berbagai kota besar di Indonesia.

Di antaranya Kuningan City, Senayan City, Baywalk, Emporium Pluit, Festival CityLink Bandung, Deli Park Medan, dan Plaza Balikpapan.

Sementara hotel yang dimiliki Perseroan adalah Pullman Ciawi Vimala Hills, Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central, Harris dan Pop! Festival CityLink Bandung, Indigo Bali Seminyak, Amaris Thamrin City, dan 101 Urban Jakarta Kelapa Gading.

APLN terus berusaha mengoptimalkan dan memanfaatkan situasi pemulihan ekonomi Indonesia dan pelonggaran aktivitas masyarakat agar pendapatan berulang terus tumbuh positif.

"Apalagi kita akan segera memasuki akhir tahun yang menjadi magnet bagi bisnis pusat perbelanjaan dan hotel karena masyarakat dominan untuk liburan dan belanja,” tambah Justini.

Sejalan dengan kinerja positif bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan, kontribusi proyek-proyek properti APLN juga meningkat pesat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com