Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kami Akan Desain Ulang dan Rehab Total Stadion Kanjuruhan Malang

Kompas.com - 13/10/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan mendesain ulang dan merenovasi bangunan Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan audit teknis Stadion Kanjuruhan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Kamis (13/10/2022).

Menurut Basuki, terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan. Di mana tiga rekomendasi berhubungan dengan terjadinya kecelakaan.

Selanjutnya, hasil rekomendasi Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Setelah ditetapkannya tujuh rekomendasi ini, Kementerian PUPR akan mendesain ulang Stadion Kanjuruhan untuk dilakukan rehab total sehingga lebih bermanfaat dan terhindar dari musibah serupa," ujar Basuki dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Basuki Audit Stadion Kanjuruhan Malang, Hasilnya Ada Tujuh Rekomendasi

Dia berharap proses pengerjaan re-design Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara 3 bulan sampai 4 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan fisik.

"InsyaAllah tahun 2023 kita mulai konstruksinya sesuai perintah Presiden. Mudah-mudahan dalam 1 tahun sudah dapat diselesaikan pengerjaannya," jelasnya.

"Kami juga akan membangun monumen untuk mengenang para korban," pungkas Basuki.

Untuk diketahui, peninjauan ini merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk melakukan audit teknis/evaluasi teknis bangunan gedung stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang dilakukan oleh Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com