Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Stadion Kanjuruhan, Saksi Bisu Tragedi Arema vs Persebaya

Kompas.com - 02/10/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertandingan sepakbola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) di Stadion Kanjuruhan Malang berakhir tragis.

Dilaporkan, 127 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit akibat kerusuhan penonton.

Situasi makin tak terkendali ketika pihak keamanan menembakkan gas air mata ke arah tribune\ penonton stadion utama Malang tersebut.

Dilansir dari Football Stadiums, Minggu (2/10/2022), Stadion Kanjuruhan mulai dibangun pada tahun 1997 hingga 2004.

Pembangunannya menghabiskan dana mencapai Rp 35 miliar dan menghasilkan stadion berkapasitas tampung 35.000-45.000 orang.

Baca juga: Sederet Fakta Stadion Indoor Baru di GBK, Bisa Tampung hingga 16.000 Penonton

Melansir laman Pusat Pengelolaan dan Informasi Stadion Kanjuruhan, stadion ini diresmikan oleh Mantan Presiden Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri pada 9 Juni 2004.

Pada awal tahun 2014, Stadion Kanjuruhan dilaporkan mengalami penambahan satu tribun, sehingga kapasitasnya bertambah dari 35.000-40.000 orang menjadi 45.000 orang.

Beralih ke fasilitas, Stadion Kanjuruhan memiliki lapangan sepak bola berstandar nasional yang dilengkapi dengan lintasan atletik.

Stadion ini dilengkapi dengan 28 unit toilet di tribun ekonomi dan 18 toilet di gedung stadion untuk memenuhi kebutuhan sanitasi.

Stadion Kanjuruhan juga dilengkapi dengan sistem lampu sorot berdaya 320 kilowatt. Kekuatan penerangannya rata-rata sebesar 1200 lux, sesuai standar FIFA.

Baca juga: Stadion Gelora Bandung Lautan Api Retak, Begini Solusi Mengatasinya

Terdapat pula videotron yang digunakan sebagai papan skor elektronis dan penunjuk waktu pertandingan.

Stadion Kanjuruhan juga memiliki lapangan sepak bola luar yang terletak di sebelah selatan stadion.

Ini merupakan lapangan sepak bola standar dengan lintasan atletik dan berpagar setinggi 2 meter.

Fasilitas lain yang terdapat di Stadion Kanjuruhan meliputi musala di masing-masing pintu tribun ekonomi yang berjumlah 14 pintu.

Tersedia pula bench pemain, taman lalu lintas, ruang konferensi pers, ruang ganti, tribun VIP dan VVIP, lintasan sepatu roda hingga kolam renang.

Fasilitas kolam renang ini diresmikan pada tahun 2018 dan memiliki standar internasional, guna mewujudkan Stadion Kanjuruhan menjadi kawasan olahraga terpadu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com