Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kertosono-Kediri Ditargetkan Mulai Konstruksi 2023, Ini Progresnya

Kompas.com - 23/08/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri mulai memasuki babak baru. Yakni tahap identifikasi dan inventarisasi lahan.

Progres ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya penetapan lokasi (penlok) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada akhir Mei 2022 lalu.

Adapun penlok untuk pembangunan Tol Kertosono-Kediri mencakup dua wilayah. Yaitu Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto menjelaskan, tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) kedua Kabupaten juga telah terbentuk dan memasuki tahap pelaksanaan tugas.

Saat ini progres pembebasan lahan untuk kedua Kabupaten berjalan dengan simultan.

"Di antaranya melakukan pengukuran dan pendataan lahan serta sosialisasi untuk 5 kecamatan dan 22 desa dalam penlok yang telah ditetapkan," ujar Arie dalam rilis pers, Selasa (23/08/2022).

Jika berjalan lancar dan pembebasan lahan mencapai 75 persen, pihaknya optimistis secara parsial pembangunan konstruksi untuk Jalan Tol Kertosono-Kediri dapat dimulai pada tahun 2023.

Baca juga: Sistem E-toll di Indonesia Sebabkan Kerugian Rp 4,4 Triliun Per Tahun

"Kami dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan akan berupaya agar pembebasan lahan untuk kedua Kabupaten berjalan sesuai dengan target yang diharapkan," tandasnya.

Selain itu, kini PT JNK juga tengah mengejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) untuk jalan tol tersebut.

"PT JNK juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam proses penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat sekitar," tutup Arie.

Untuk diketahui, Jalan Tol Kertosono-Kediri merupakan perpanjangan dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Dikelola oleh PT JNK.

Sesuai dengan addendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tahun 2019, Jalan Tol Kertosono-Kediri memiliki panjang 20,30 kilometer dengan biaya investasi Rp 3,9 triliun.

Jalan tol ini akan dilengkapi dengan satu Junction Kedungsoko, yang menghubungkan dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Serta dua interchange yang terletak di Kabupaten Nganjuk yang tersambung dengan jalan akses Sugihwaras dan di Kabupaten Kediri yang tersambung dengan jalan akses Banyakan.

Selain itu, Jalan Tol Kertosono-Kediri direncanakan juga akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) baru yaitu GT Sugihwaras dan GT Kediri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com