Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima PMN Rp 3 Triliun, Waskita Bakal Rampungkan 2 Ruas Tol

Kompas.com - 19/08/2022, 20:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2022 sebesar Rp 3 triliun dari Pemerintah.

Dana tersebut rencananya bakal digunakan untuk menyelesaikan 2 ruas tol, yakni Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Tol Ciawi-Sukabumi.

Oleh karenanya, Waskita kembali melaksanakan aksi korporasi rights issue untuk menyeimbangkan proporsi kepemilikan saham.

Proceed yang diterima dari aksi korporasi rights issue tersebut rencananya akan digunakan untuk modal kerja proyek infrastruktur.

Sementara itu, proses penerimaan PMN tahun 2022 berjalan dengan baik. Ini ditandai lewat rapat Rancangan Peraturan Presiden (RPP) atas PMN yang telah disetujui dan rencananya PP PMN dapat segera diterima pada akhir Agustus 2022.

Baca juga: Capai Target Kontrak Baru, Waskita Beton Bidik Pasar Ritel

Kemudian Waskita juga akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 September 2022.

Diharapkan lewat RUPSLB tersebut Waskita bisa menerima persetujuan pemegang saham atas rencana rights issue dan dapat melanjutkan proses registrasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aksi korporasi tersebut dilaksanakan melalui Penawaran Umum Terbatas III dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) lewat penerbitan sahan sebanyak 8.722.695.331 saham seri B.

Direktur Utama Waskita Destiawan Soewardjono mengatakan jumlah saham tersebut merupakan perkiraan maksimum lembar saham yang akan diterbitkan.

"Saat ini harga pelaksanaan rights issue dan jumlah saham yang diterbitkan masih belum final, nantinya akan ditetapkan oleh Menteri BUMN di sekitaran bulan Oktober," ujarnya.

Baca juga: Per Semester I, Waskita Beton Kelola Kontrak Rp 3,9 Triliun

Sehingga ketika harga dan jumlah saham telah ditetapkan oleh Menteri BUMN, Waskita dapat langsung menerima pernyataan efektif dari OJK dan memulai masa perdagangan rights issue.

Targetnya dana PMN dan rights issue bisa diterima pada bulan November 2022 sehingga rangkaian proses aksi korporasi bisa selesai sebelum akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com