Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bayar Tagihan Tol Nirsentuh, STNK Pengendara akan Langsung Diblokir

Kompas.com - 23/08/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Cantas merupakan aplikasi yang akan digunakan untuk penerapan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Aplikasi Cantas ini rencananya sudah bisa digunakan seiring dengan penerapan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh di akhir tahun 2022. 

Agar bisa digunakan, aplikasi ini bisa diunduh melalui smartphone secara gratis oleh para pengguna jalan tol.

Jika diterapkan kelak, maka masyarakat bisa langsung membayar tagihan tarif tol melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Simak Cara Kerja Cantas, Bayar Tol Tanpa Setop dan Sentuh

Namun bila ada pengguna yang lalai dan terlambat melakukan pembayaran tagihan, maka Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mereka langsung diblokir.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Jasmono dalam Podcast Bina Marga Kementerian PUPR pada Senin (22/8/2022).

“Uji keberhasilan sistem ini kuncinya ada disiplin masyarakat saat pembayaran. Jika nanti ada pengguna jalan tol yang tidak membayar tagihan maka bisa ditindak secara hukum,” ungkap Triono.

Dikatakan, aplikasi Cantas nantinya akan terkoneksi dengan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) milik Kepolisian RI.

Sehingga jika ada pengguna jalan yang tidak membayar akan diberikan warning melalui aplikasi dan diberikan jeda waktu untuk melunasinya.

“Jika mereka tetap tidak bayar ada denda yang dikenakan dan harus dibayar segera. Bila tidak STNK mereka bisa langsung diblokir dan tidak bisa digunakan” tambah Triono.

Untuk penerapan sistem MLFF di jalan tol di seluruh Indonesia, pemerintah tengah melakukan berbagai persiapan karena akan dmulai diterapkan pada akhir tahun 2022. 

Baca juga: Bayar Tol Pakai HP, Pengguna Wajib Punya Aplikasi Cantas

“Saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatu mulai dari sistemnya, perangkat lunak hingga perangkat keras yang akan digunakan. Insya Allah di akhir tahun ini, kita bisa melaksanakan sistem transaksi nirsentuh ini secara bertahap,” tandas Triono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com