Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Pendaftaran Tanah Lewat KJSB Tengah Diuji Coba di 3 Wilayah

Kompas.com - 23/07/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah mempercepat penyelesaian program pendaftaran tanah lewat permohonan langsung oleh masyarakat dari Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB).

Melansir laman resmi Kementerian ATR/BPN, Jumat (22/7/2022), layanan yang mencakup kegiatan pengukuran dan pemetaan kadastral ini tengah diuji coba di 3 Kantor Pertanahan (Kantah) Provinsi Banten.

Ini meliputi Kantah Kota Tangerang Selatan, Kantah Kabupaten Tangerang dan Kantah Kota Tangerang.

Terkait hal ini, Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni mengatakan dirinya mendukung kerja sama ini.

Pasalnya, sumber daya manusia (SDM) dari Kementerian ATR/BPN untuk menyurvei, mengukur hingga memetakan tanah masyarakat masih terbatas.

Baca juga: Sudah Tahu Manfaat Jadi Kota Lengkap PTSL? Ini Kata Hadi Tjahjanto

"Berhubung petugas ukur internal kita sedikit dan semakin menua, sementara kita masih mengejar pendaftaran tanah, rasanya tidak mungkin jika kita tidak membuka diri untuk dibantu pihak ketiga, sehingga rakyat mendapatkan layanan yang terbaik dan cepat," ujarnya.

Lanjutnya, dibutuhkan publikasi yang meluas soal pendaftaran tanah langsung oleh masyarakat lewat KJSB.

"Perlu kita improve komunikasinya agar piloting ini ada yang mendaftar," katanya.

Menurut Wamen saat ini sudah bisa dimulai dirincikan hal dan jasa yang akan ditawarkan kepada masyarakat melalui media sosial.

Plt. Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR) Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya menambahkan, petugas ukur atau surveyor internal akan bertugas mengolah penyajian data dan informasi.

Baca juga: Ada Aturannya, Segini Biaya Mengurus Sertifikat Tanah Lewat PTSL

Dirinya juga menjelaskan bahwa layanan KJSB hanya berlaku untuk pendaftaran pertama dalam rangka mendukung program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Kita lihat pilot project yang berjalan di Tangerang Raya, jadi teman-teman ini saya minta dukungannya," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com