Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 7 Bandara dengan Arsitektur Terunik di Indonesia

Kompas.com - 22/04/2022, 22:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara di Indonesia tidak sekadar bangunan bertembok yang tampak berdiri di atas tanah yang luas. 

Sebab, sejumlah bandara di Tanah Air juga memiliki desain arsitektur yang terbilang unik dan menggambarkan kearifan lokal wilayahnya.

Langkah apik tersebut patut diapresiasi. Pasalnya bandara merupakan pintu gerbang bagi para pelaku perjalanan baik itu domestik maupun internasional.

Baca juga: Ini 10 Bandara Tersibuk di Dunia 2021, Dipadati 463 Juta Penumpang

Bisa menjadi salah strategi untuk mengenalkan keindahan kearifan lokal beserta keberagaman budaya di Indonesia kepada masyarakat luas.

Sebagaimana mengutip informasi dari unggahan akun Instagram resmi Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub yakni @djpu_151, berikut sejumlah bandara Indonesia yang memiliki arsitektur unik dan menggambarkan kearifan lokal daerahnya.

Bandara Buntu Kunik  di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi SelatanInstagram @djpu_151 Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
1. Bandara Buntu Kunik

Bandara yang terletak di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ini termasuk dalam wilayah 3TP. Didesain bernuansa kearifan lokal rumah adat Tana Toraja yaitu Tongkonan.

Bandara Sultan M. Kaharuddin di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.Instagram @djpu_151 Bandara Sultan M. Kaharuddin di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.
2. Bandara Sultan M. Kaharuddin

Bandara dengan desain heksagonal ini berada di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: 7 Bandara Indonesia Terbaik di Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021

Bentuknya menyerupai sarang lebah, menggambarkan Sumbawa yang terkenal sebagai penghasil madu.

Bandara Mopah di Kota Merauke, Papua.Instagram @djpu_151 Bandara Mopah di Kota Merauke, Papua.
3. Bandara Mopah

Bandara ini berlokasi di Kota Merauke, Papua. Terminal penumpangnya didesain dengan terinspirasi dari burung kasuari yang merupakan salah satu fauana endemik di Papua.

Bandara Domine Eduard Osok di Kota Sorong, Papua Barat.Instagram @djpu_151 Bandara Domine Eduard Osok di Kota Sorong, Papua Barat.
4. Bandara Domine Eduard Osok

Bandara yang terletak di Kota Sorong, Papua Barat, ini memiliki terminal penumpang yang eksteriornya didesain menyerupai buah pinang. Mencerminkan salah satu komoditas utama Kota Sorong.

Bandara Tjilik Riwut di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.Instagram @djpu_151 Bandara Tjilik Riwut di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
5. Bandara Tjilik Riwut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com