Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bandara Indonesia Terbaik di Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021

Kompas.com - 14/03/2022, 19:37 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh bandar udara (bandara) di Indonesia dinobatkan sebagai Best Airport di kawasan Asia Pasifik versi Airport Service Quality (ASQ) Awards 2021.

ASQ Awards sendiri merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh Airport Council International (ACI). Penghargaan ini sudah ada sejak tahun 2006.

Penentuan pemenang ditentukan dari hasil survei kepada para penumpang saat datang dan berangkat dari sekitar 400 bandara di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari situs resmi ACI, setiap bandara yang menang dalam kategori ini dibagi berdasarkan wilayah dan banyaknya jumlah penumpang per tahun.

Baca juga: Direvitalisasi, Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Usung Konsep Tradisional Wantilan

Untuk bandara terbaik  di Asia Pasifik dengan kapasitas di bawah 2 juta orang per tahun, dimenangkan oleh Bandara Internasional Pattimura, Ambon, dan Bandara Sultan Thaha, Jambi.

Selanjutnya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, berhasil menjadi yang terbaik di Asia Pasifik pada kategori bandara dengan jumlah 2 juta hingga 5 juta penumpang per tahun.

Kategori berikutnya adalah bandara terbaik yang memiliki kapasitas penumpang 5 juta hingga 15 juta orang per tahunnya.

Dalam kategori ini, tiga bandara Indonesia berhasil menjadi yang terbaik yakni Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan–Kalimantan, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar serta Bandara Internasional Yogyakarta.

Pada tiga kategori lainnya yakni bandara dengan 15 juta hingga 25 juta penumpang per tahun, 25 juta hingga 40 juta penumpang per tahun dan lebih dari 40 juta penumpang per tahun, tak ada bandara Indonesia yang menang.

Selain kategori bandara terbaik, ASQ Awards juga memberi penghargaan Best Hygiene Measures atau penghargaan untuk bandara dengan tingkat kebersihan terbaik.

Terdapat enam bandara di Indonesia yang menang dalam kategori ini yaitu Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Bandara Sultan Thaha, Jambi, dan Bandara Supadio, Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com