Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Dicat Ulang, Dinding Juga Bisa Dibersihkan Lho, Ini Triknya

Kompas.com - 06/04/2022, 11:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memastikan kebersihan rumah adalah salah satu cara yang tepat untuk menyambut momentum lebaran, termasuk soal kebersihan dinding.

Berbeda dengan lantai, kotoran di dinding sering kali tidak diperhatikan. Padahal, dinding akan mulai mengumpulkan debu dan noda dari waktu ke waktu.

Melansir This Old House, Rabu (6/4/2022), dinding harus dibersihkan setiap satu tahun sekali demi menjaga kenyamanan rumah.

Langkah ini sekaligus bisa menghemat pengeluaran Anda untuk melakukan pengecatan ulang dengan harga produk yang mungkin sudah meningkat.

Simak trik membersihkan dinding berikut ini:

Baca juga: Cat Kembali Rumah Anda agar Terlihat Segar Saat Lebaran, Begini Caranya

1. Bersihkan debu yang terlihat

Langkah pertama adalah dengan membersihkan debu dan kotoran yang kasat mata. Anda bisa menggunakan kain lap atau penyedot debu.

Letakkan kain atau terpal di lantai untuk melindungi tetesan cairan pembersih ketika Anda memulai pembersihan dinding pada langkah selanjutnya.

Kemudian siapkan cairan pembersih dinding sesuai dengan jenis cat yang digunakan. Misalnya, lapisan akhir cat matte, flat, egg shell atau yang terkena sedikit noda membutuhkan larutan pembersih yang sangat lembut.

Anda bisa menggunakan sabun pencuci tangan bebas pewarna atau deterjen pencuci piring yang dilarutkan dalam air hangat.

Sementara, cat dinding yang mengkilap membutuhkan cairan lebih kuat. Anda dapat menggunakan pembersih dengan agen degreasing, sabun cuci piring yang kuat atau pembersih serbaguna non-abrasif.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Cat Rendah VOC atau Non-VOC?

2. Proses pembersihan

Setelah mempersiapkan segala perlengkapan, kini Anda bisa mulai membersihkan noda pada cat dinding.

Siapkan dua ember dan dua spons non abrasif. Satu ember untuk cairan pembersih, sementara yang lain air biasa untuk membilas. 

Kemudian peras spons sehingga hanya sedikit lembap sebelum bersentuhan dengan dinding. Karena, terlalu banyak air dapat memunculkan gelembung pada dinding rumah.

Selanjutnya, mulai lakukan pembersihan dari bagian atas dinding ke bawah. Gosok dengan lembut, berikan sedikit tekanan dan lakukan gerakan tangan melingkar.

Setelah melakukan gosokan pembersihan, bilas dengan air biasa pada setiap area dinding tersebut. Penting untuk berhati-hati saat melakukan proses ini untuk menghindari goresan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com