Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Mana, Cat Rendah VOC atau Non-VOC?

Kompas.com - 06/04/2022, 08:39 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang dipersiapkan untuk menyambut momentum Lebaran.

Misalnya dengan memperindah interior rumah melalui penambahan beberapa ornamen Idul Fitri hingga melakukan pengecatan ulang.

Ketika ingin membeli cat, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan cat yang menawarkan kandungan rendah Volatile Organic Compound (VOC) atau non-VOC.

Melansir The Spruce, Rabu (6/4/2021), VOC adalah senyawa yang mudah menguap. Zat ini banyak ditemukan pada bahan bangunan, termasuk cat.

Sayangnya, bahan kimia yang satu ini terkenal berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Baca juga: Cat Kembali Rumah Anda agar Terlihat Segar Saat Lebaran, Begini Caranya

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), sebuah studi menemukan bahwa tingkat bahan organik (VOC) rata-rata dua sampai lima kali lebih tinggi di dalam ruangan dibanding dengan di luar ruangan.

Ilustrasi pusing, sakit kepala, pusing saat tidur. Pusing yang dialami sebagian orang mungkin juga merupakan gejala migrain.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi pusing, sakit kepala, pusing saat tidur. Pusing yang dialami sebagian orang mungkin juga merupakan gejala migrain.
Ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, termasuk iritasi pada saluran pernapasan, sakit kepala, mual hingga penyakit parah seperti kerusakan pada hati, ginjal dan sistem saraf pusat.

Lantas, manakah yang lebih baik untuk digunakan antara cat rendah VOC dan non-VOC?

Sesuai dengan namanya, cat rendah VOC memiliki kandungan VOC yang lebih sedikit. Akan tetapi, belum ada standar yang mendefinisikan jumlah VOC bisa dikatakan rendah.

Akibatnya, perusahaan cat bisa dengan sewenang-wenang mengklaim produk mereka rendah VOC tanpa ada pembanding yang pasti.

Baca juga: Cat Dinding Warna Putih, Pilihan Tepat untuk Bikin Ruangan Tampak Luas

Sementara cat non-VOC tidak memiliki kandungan VOC sama sekali. Namun, bukan berarti pilihan cat non-VOC tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Pasalnya, proses pewarnaan cat terkadang masih membutuhkan penambahan beberapa kandungan VOC, meskipun hanya sedikit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari dan memperhatikan kandungan cat sebelum membeli.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ventilasi udara saat proses pengecatan berlangsung untuk memberikan keamanan lebih terhadap sistem pernapasan.

Ventilasi udara yang baik juga bisa membantu cat agar lebih cepat kering, walaupun cat dengan sedikit kandungan VOC memiliki kelebihan ini.

Keuntungan lainnya adalah, cat dengan kandungan VOC yang sedikit menawarkan hasil akhir yang tahan lama, dapat digunakan di berbagai permukaan serta memiliki berbagai macam pilihan warna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com