Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai Ditingkatkan Kualitasnya, 3 Ruas Pansela Jawa Makin Panoramik

Kompas.com - 21/02/2022, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan kualitas Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa masih terus berjalan. Teranyar, sejumlah ruas tuntas dikerjakan pada tahun 2021.

Melansir dari unggahan Twitter Kementerian PUPR pada Senin (21/02/2022), tiga ruas Jalan Pansela Jawa tuntas ditingkatkan kualitasnya.

Pengerjaan jalur yang disebut panoramic road yang rampung ini berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, membentang sepanjang 20,95 kilometer.

Baca juga: Dikebut, Pekerjaan Peningkatan Kualitas Panoramic Road Jalan Pansela Jawa

Untuk Jawa Tengah, penanganan dilakukan pada dua ruas yang memiliki panjang 10,35 kilometer.

Yakni ruas Tambakreja-Bantarsari di Kabupaten Cilacap 6,15 kilometer serta ruas Jladri-Karangbolong-Tambak Mulyo di Kabupaten Kebumen 4,2 kilometer.

Salah satu bagian Jalan Pansela Jawa ruas Tambakreja-BantarsariDok. Kementerian PUPR Salah satu bagian Jalan Pansela Jawa ruas Tambakreja-Bantarsari
Sementara itu, untuk DI Yogyakarta penanganan dilakukan pada satu ruas sepanjang 10,6 kilometer yakni Jeruk Wudel-Baran-Duwet di Kabupaten Gunungkidul.

Penanganan Jalur Pansela Jawa dilaksanakan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi.

Kemudian rekonstruksi jalan dan jembatan serta pelebaran jalan menuju standar yang berkelanjutan untuk mempertahankan jalan dalam kondisi mantap.

Salah satu bagian Jalan Pansela Jawa ruas Jeruk Wudel-Baran-DuwetDok. Kementerian PUPR Salah satu bagian Jalan Pansela Jawa ruas Jeruk Wudel-Baran-Duwet
Adanya peningkatan jalan ini diharapkan dapat menjadikan Pansela Jawa sebagai jalur wisata sekaligus memperlancar konektivitas dan distribusi barang dan jasa di Pulau Jawa bagian selatan.

Sehingga dapat mengurangi kesenjangan dengan wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR terus meningkatkan kemantapan jalan Pansela Jawa sepanjang 1.604 kilometer yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

Penanganannya melalui program Regional Road Development Project (RRDP) yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB) dengan masa pelaksanaan Agustus 2019-Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com