Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Baru di Inggris Akan Diwajibkan Punya Titik Pengisian Kendaraan Listrik

Kompas.com - 23/11/2021, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah dan bangunan baru di Inggris bakal diwajibkan memiliki titik pengisian kendaraan listrik pada tahun 2022 mendatang.

Sebab, Pemerintah Inggris akan mengesahkan peraturan yang mensyaratkan adanya pemasangan stasiun pengisian kendaraan listrik untuk bangunan baru.

Melansir Dezeen, hal ini juga berlaku pada bangunan yang sedang menjalani renovasi besar (menyisakan lebih dari 10 tempat parkir) dan bangunan tertentu seperti perkantoran serta supermarket.

Baca juga: Intip Gedung Hemat Listrik dan Air Kementerian PUPR yang Dapat Penghargaan Subroto

Pemerintah Inggris menargetkan setiap tahunnya akan ada stasiun pengisian kendaraan listrik hingga 145.000 titik di seluruh negeri untuk merespon ancaman perubahan iklim.

Menurut statistik resmi, saat ini ada sekitar 25.000 titik pengisian kendaraan listrik publik di Inggris. Sehingga masih membutuhkan 10 kali lipatnya pada tahun 2030.

Selain itu, Pemerintah Inggris akan memperkenalkan cara yang lebih sederhana dalam melakukan pembayaran di stasiun pengisian kendaraan listrik, seperti halnya tanpa sentuh.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, 10 tahun ke depan dunia akan berada pada fase kritis. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen mengurangi emisi karbon di bidang transportasi.

"Saya mencoba, sebagai Wali Kota London, untuk membuat pengendara London menggunakan kendaraan listrik dan menempatkan titik pengisiannya di sekitar kota," kata Johnson dalam Confederation of British Industry (CBI), Selasa (23/11/2021).

Peraturan yang hendak disahkan ini juga mengacu adanya peningkatan penjualan kendaraan listrik dan deklarasi para produsen mobil di COP26 (Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021).

Deklarasi ini untuk membuat semua penjualan mobil baru menjadi nol emisi karbon di pasar terkemuka pada tahun 2035.

Pemerintah Inggris juga telah membuat komitmen untuk melarang penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel baru pada tahun 2030.

Sebab, pada tahun 2019 mobil dan taksi menyumbang 16 persen dari emisi gas rumah kaca di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com