Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ornamen Underpass Bulak Kapal Usung Seni Budaya Lokal

Kompas.com - 02/11/2021, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Underpass Bulak Kapal di Bekasi rencananya bakal memiliki hiasan ornamen yang mengedepankan seni budaya lokal.

Secara konstruksi, Underpass Bulak Kapal memiliki struktur bore pile dengan panjang terowongan utama 690 meter.

Terdiri dari 2 lajur dengan lebar masing-masing lajur 3,5 meter. Underpass ini dilengkapi dengan frontage sepanjang 930 meter dengan lebar jalan 6 meter.

Pembangunan underpass akan menambah kapasitas jalan eksisting simpang Bulak Kapal dari semula 4 lajur menjadi 6 lajur.

Baca juga: Urai Kemacetan, Underpass Bulak Kapal Digenjot Selesai Akhir 2021

Selain itu, juga dapat menghilangkan persimpangan sebidang Bulak Kapal antara Jalan Ir Juanda dengan Jalan Joyo Martono-Jalan Pahlawan.

Sehingga, akan mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari 4 arah, yakni dari dan menuju Jalan Ir Juanda, Jalan Joyo Martono, Jalan Pahlawan, serta Jalan Diponegoro arah Tambun, Kabupaten Bekasi.

Sekaligus memperlancar arus lalu lintas di perlintasan sebidang rel kereta api yang berada di sekitar simpang Bulak Kapal.

Selain memiliki fungsi utama tersebut, underpass ini direncanakan mengusung seni dan budaya lokal pada ornamen bangunannya.

Sebagaimana dilansir Kompas.com dari situs Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Ornamen bangunan underpass juga akan memperhatikan aspek beautifikasi dengan mengedepankan seni budaya lokal Betawi Bekasi.

Mulai dari Visual Ramp Underpass yang terdiri dari Gigi Balang khas Bekasi yang memiliki makna bahwa hidup harus selalu jujur, ulet dan sabar.

Kemudian ornamen Puncak Rebung yang bermakna mengandung harapan harapan baik sebab bambu merupakan pohon yang tidak mudah rubuh oleh tiupan angina kencang sekalipun.

Selanjutnya, terdapat Sopi-sopi Bambu Runcing berujung lima berdiri tegak mengandung dua makna.

Filosofinya melambangkan hubungan vertikal makhluk dengan Sang Pencipta, cerminan masyarakat Bekasi yang religius dan semangat patriotisme rakyat Bekasi dalam merebut serta mempertahankan bangsa dan negara.

Selain itu, desain ornamen pada Ramp Underpass yang akan memasuki area Box Underpass, terdapat ornamen Tari Topeng khas Bekasi di bagian kanan dan kiri dinding underpass.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com