Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Rusus Bakal Dibangun bagi Warga Terdampak Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 11/10/2021, 22:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun 120 unit rumah khusus (rusus) bagi warga terdampak pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembangunan rusus tersebut dilakukan bertujuan untuk merelokasi masyarakat yang tinggal Kampung Ujung Desa Kuta.

Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati mengatakan hal ini dalam siaran pers, Senin (11/10/2021).

"Relokasi warga terdampak pembangunan sirkuit internasional MotoGP Mandalika kami laksanakan dengan pembangunan rusus untuk 120 kepala keluarga (KK)," terang Yusniewati.

Baca juga: Kabar Terkini Pertamina Mandalika International Street Circuit

Rusus tipe 36 ini dibangun dengan struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang lokasinya berada di lahan seluas dua hektar Ngolang Desa Kuta.

Selain itu, rusus nantinya juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti taman bermain anak, tempat ibadah, serta saluran air bersih.

Yusniewati mengatakan, pembangunan rusus menggunakan skema kontrak tahun jamak (multi-years contract).

Namun demikian, rencana pembangunan rusus bagi warga terdampak pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit saat ini masih dalam tahapan lelang.

Saat ini, Direktorat Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR sudah melakukan relokasi sementara warga ke kampung yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka sebelumnya.

"Lokasi lahan baru untuk relokasi yang kami siapkan berada di Ngolang Desa Kuta sekitar empat kilometer dari kampung sebelumnya," sambung Yusniewati.

Jika sudah tuntas dibangun, setiap unit rusus yang dibangun nantinya sudah dilengkapi dua kamar tidur, ruang keluarga, toilet, serta dapur.

Baca juga: Pertamina Mandalika International Street Circuit Jadi Nama Resmi Sirkuit Mandalika

"Kami berharap agar tahun depan seluruh rusus ini bisa selesai dibangun," tutup Yusniewati.

Untuk diketahui, penamaan sirkuit itu dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (07/10/2021).

Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau sirkuit The Mandalika dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga 31 Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com