Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Relaksasi Kredit Empat BUJT Senilai Rp 13,9 Triliun

Kompas.com - 11/10/2021, 22:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) berhasil melakukan relaksasi kredit empat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) senilai Rp 13,9 triliun hingga Maret 2022.

Keempat BUJT tersebut adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga yang mengelola Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan PT Waskita Bumi Wira sebagai pengelola Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

Selanjutnya, PT Trans Jabar Tol yang mengelola Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), dan PT Cimanggis Cibitung Tollways sebagai pengelola Tol Cimanggis-Cibitung.

Corporate Secretary WTR Alex Siwu mengungkapkan hal ini dalam siaran pers kepada Kompas.com, Senin (11/10/2021).

"WTR telah berhasil melakukan relaksasi kredit empat BUJT yang dimiliki dengan nilai sebesar Rp 13,9 triliun hingga Maret 2022," ucap Alex.

Dengan dilakukannya relaksasi ini, WTR beserta BUJT dapat memperbaiki kondisi cashflow (arus kas) saat kondisi Pandemi Covid-19 yang mempengaruhi bisnis jalan tol akibat berkurangnya mobilitas masyarakat.

Hingga Oktober tahun ini, WTR masih memiliki saham atas 13 jalan tol dengan total panjang 688,45 kilometer.

Baca juga: Dapat PMN 2021 Rp 7,9 Triliun, Waskita Rampungkan Konstruksi Tujuh Tol

Dari jumlah itu, sudah ada tiga tol yang telah beroperasi penuh dan delapan lainnya beroperasi sebagian.

Ketiga ruas yang telah beroperasi penuh tersebut adalah Tol Kanci-Pejagan yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya.

Kemudian, Tol Pejagan-Pemalang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, serta Tol Pemalang-Batang oleh PT Pemalang Batang Tol Road.

Sementara delapan ruas yang telah beroperasi sebagian yakni Tol Pasuruan-Probolinggo yang dikelola oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol dan Tol Cimanggis-Cibitung oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways.

Selanjutnya, Tol Cibitung-Cilincing dikelola oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dikelola PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi yang dikelola PT Trans Jabar Tol.

Lalu, Tol Depok-Antasari oleh PT Citra Waspphutowa, Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar dikelola PT Waskita Bumi Wira, dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung oleh PT Waskita Sriwijaya Tol.

Sedangkan dua ruas tol lainnya masih dalam tahap konstruksi yaitu Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang dikelola oleh PT Citra Karya Jabar Tol dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat oleh PT Hutama Marga Waskita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com