Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat PMN 2021 Rp 7,9 Triliun, Waskita Rampungkan Konstruksi Tujuh Tol

Kompas.com - 09/10/2021, 14:41 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 7,9 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, PMN 2021 ini merupakan bagian dari 8 stream penyehatan keuangan perseroan.

"Dukungan pemerintah termasuk dalam 8 stream, salah satunya adalah PMN. Pemerintah memberikan Rp 7,9 triliun," kata Destiawan dalam Public Expose, Jumat (8/10/2021).

Penerimaan PMN ini berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengusulan, Pelaporan, Pemantauan, dan Perubahan Penggunaan Tambahan PMN Kepada BUMN dan Perseroan Terbatas.

PMN 2021 ini diperuntukkan untuk penyelesaian atas konstruksi tujuh ruas jalan tol, baik di Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Lagi, Waskita Bakal Lepas 9 Jalan Tol, Empat Tengah Disiapkan

Rinciannya, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sebesar Rp 3,03 triliun, di mana presentase kepemilikan Waskita melalui PT Waskita Toll Road (WTR) pada ruas tersebut sebesar 99,18 persen.

Kemudian, Tol Ciawi-Sukabumi dan Tol Pejagan-Pemalang masing-masing sebesar Rp 637 miliar dan Rp 207 miliar, dan Tol Pasuruan-Probolinggo sebesar Rp 1,21 triliun.

Presentase kepemilikan saham ketiga jalan tol tersebut masing-masing sebesar 99,99 persen.

Selanjutnya, Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sebesar Rp 1,05 triliun dengan presentase kepemilikan saham WTR sebesar 99,82 persen.

Lalu, Tol Cimanggis-Cibitung mendapatkan PMN sebesar Rp 623 miliar serta Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sebesar Rp 1,13 triliun.

Waskita pun berencana untuk melakukan divestasi 13 jalan tol, di mana empat di anataranya sudah terlaksana.

Keempat jalan tol yang berhasil dilepas kepemilikan sahamnya oleh Waskita adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Tol Semarang-Batang, Tol Cinere-Serpong, serta terbaru yaitu Tol Cibitung-Cilincing.

Sehingga, jumlah jalan tol yang bakal didivestasi oleh Waskita tersisa sembilan ruas. Dari jumlah itu, empat di antaranya tengah disiapkan prosesnya.

Empat infrastruktur konektivitas tersebut adalah Tol Cimanggis-Cibitung dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), serta Tol Trans-Jawa seperti Tol Pasuruan-Probolinggo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com