Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur Dasar The Mandalika Rampung, Perekonomian Bakal Tinggal Landas

Kompas.com - 05/10/2021, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk–PT Bunga Raya Lestari KSO (WIKA-BRL KSO) melakukan serah terima pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO).

Serah terima pekerjaan ini atas proyek infrastruktur dasar The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Varat (NTB), yang pembangunanya didanai Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Proyek infrastruktur dasar yang dilakukan serah terima terdiri dari pekerjaan ground work (timbunan) badan jalan Sirkuit sepanjang 4,3 kilometer, ground improvement (penguatan liquifaksi) sirkuit, fasilitas pendukung area Paddock untuk infrastruktur dasar sirkuit.

Kemudian jalan akses Kuta Beach Park, Sirkuit, dan Gerupuk dengan total panjang 6,7 kilometer, sera infrastruktur dasar non-sirkuit yaitu jaringan utilitas air serta listrik.

Baca juga: Jumlah Penginapan di Kawasan The Mandalika Bakal Mencapai 1.700 Kamar

Proyek ini merupakan bagian dari dukungan pendanaan dari LPEI melalui skema National Interest Account (NIA).

Total plafon fasilitas maksimum sebesar Rp 1,2 triliun untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Fasilitas NIA merupakan pendanaan yang dialokasikan pemerintah melalui pembiayan khusus untuk meningkatkan ekspor barang maupun jasa yang disalurkan melalui LPEI.

Adapun proyek infrastruktur dasar sirkuit dan non sirkuit yang diserahterimakan hari ini memiliki nilai Rp 395 miliar.

LPEI memberikan fasilitas NIA dengan mempertimbangkan sejumlah aspek Developmental Impact, yakni peningkatan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

Ke depannya, kawasan Mandalika diprediksi akan menjadi penyumbang devisa terbesar yaitu mencapai Rp 24 miliar.

Sementara itu, KEK Mandalika juga diproyeksikan pada tahun mendatang dapat berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan 15.000 tenaga kerja dari perhotelan dan 38 ribu tenaga kerja dari pendukung sektor pariwisata.

Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat mengatakan, dukungan pendanaan dari LPEI membantu pembangunan infrastruktur dasar yang dibutuhkan Kawasan The Mandalika.

"Ini akan memaksimalkan konektivitas dan memudahkan pergerakan masyarakat serta wisatawan di dalam kawasan," terangnya dalam keterangan pers, Selasa (05/10/2021).

Direktur Pelaksana II LPEI Maqin U Norhadi menyampaikan, KEK Mandalika merupakan proyek yang akan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Khususnya potensi peningkatan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

"Alhamdulillah proyek sudah rampung. Provision Hand-over (PHO) ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk merealisasikan potensi Economic Development yang telah kami perhitungkan sebelumnya," terang Maqin.

Dia optimistis, percepatan pengembangan Kawasan The Mandalika ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dan menambah devisa negara.

"Apalagi sebentar lagi akan digelar event balap motor WSBK dan MotoGP di The Mandalika yang pastinya akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung," tutup Maqin.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com