Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penginapan di Kawasan The Mandalika Bakal Mencapai 1.700 Kamar

Kompas.com - 23/09/2021, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pullman Lombok Mandlika Beach Resort bakal menambah jumlah akomodasi Kawasan The Mandalika pada kuartal IV-2021 mendatang.

Hal ini mengingat Pullman Lombok Mandilka Beach Resort, merupakan hotel bintang 5 dengan fasilitas 257 kamar. Terdiri dari 27 vila dan 230 kamar dalam gedung.

Sementara di luar itu, saat ini ketersediaan akomodasi di dalam zona barat kawasan yang telah tersedia mencapai 379 kamar. Terdiri dari 302 kamar hotel berbintang 4 dan 77 kamar hotel kelas melati.

Sehingga, dengan tambahan hotel bintang 5 itu, ke depannya jumlah akomodasi di dalam Kawasan The Mandalika diperkirakan akan mencapai lebih dari 1.700 kamar.

Baca juga: Capai Progres 90,66 Persen, Pullman Lombok Beroperasi Kuartal IV

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyampaikan, sepanjang Kuartal IV-2021 dan memasuki Kuartal I-2022 terdapat sejumlah event sport tourism internasional yang akan berlangsung di The Mandalika.

Meliputi Hutama Karya Endurance Challenge 2021, Mandalika Ultra Trail 100, World Superbike (WSBK) 2021, dan MotoGP 2022.

Penyelenggaraan event-event ini pastinya memerlukan ketersediaan sarana akomodasi yang representatif.

"Oleh karena itu, kami terus mengupayakan percepatan penyelesaian pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort untuk memenuhi target operasi pada Kuartal IV-2021," kata Bram dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Saat ini progres pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort telah mencapai 90,66 persen.

Progres ini merupakan akumulasi dari pekerjaan Struktur, Arsitektur, Plumbing (SAP) yang mencapai 91,45 persen dan pekerjaan non SAP yang mencapai 89,71 persen.

Baca juga: Komitmen Investasi di The Mandalika Tembus Rp 17 Triliun

Pekerjaan SAP meliputi pekerjaan pembangunan hotel, garden dan beach villa, spa & gym, lobby, arrival hall, MICE, musala, restoran, dan pekerjaan luar.

Sementara pekerjaan non SAP meliputi pekerjaan interior, kitchen & laundry, mechanical electrical, signage, artwork, dan lanskap.

Pullman Lombok Mandalika Beach Resort juga telah memasuki pekerjaan pemasangan interior sebagai pelengkap fasilitas hotel.

Bram menambahkan, percepatan penyelesaian pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort juga dilaksanakan guna menarik minat investor baik lokal maupun asing untuk berinvestasi di The Mandalika.

Harapannya bisa menjadi stimulan untuk menarik serta meyakinkan investor untuk membangun sarana akomodasi maupun penambahan amenitas lainnya di kawasan.

Baca juga: The Mandalika Masuki Tahap Pembangunan Infrastruktur Dasar Paket II

"Dengan status The Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), banyak sekali kemudahan investasi yang disediakan bagi para investor di wilayah ini, baik dari sisi fiskal maupun non fiskal," ujarnya.

Perlu diketahui, Pullman Lombok Mandalika Beach Resort dibangun di atas lahan seluas 27.000 meter persegi.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menginvestasikan modal mencapai Rp 709 miliar dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA).

Pengerjaannya dilakukan oleh anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) sebagai kontraktor dan dipantau secara ketat oleh anak usaha ITDC yaitu PT ITDC Nusantara Properti (INP).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com