Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Oktober, Transport Hub Pertama di Indonesia Mulai Dibangun

Kompas.com - 30/09/2021, 17:06 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memulai pembangunan transport hub (area transit) Dukuh Atas, Jumat (08/10/2021).

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar memastikan hal ini dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta, Kamis (30/9/2021).

"Ini segera dilakukan konstruksi untuk pembangunan transport hub dan nanti akan groundbreaking (peletakan batu pertama) pada 8 Oktober 2021," ujar William.

Transport hub ini berlokasi di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Stasiun Sudirman eks-Pasar Blora.

Area ini juga merupakan drop-off/pick-up (penjemputan) ojek daring yang saat ini sudah dibersihkan untuk pembangunan transport hub tersebut.

Pembangunan transport hub Dukuh Atas bisa dilakukan karena desainnya sudah selesai dibuat yang nantinya dilaksanakan oleh PT PP (Persero) Tbk.

Transport hub Dukuh Atas merupakan area transit pertama di Indonesia dan berlokasi di Jakarta sebagai tempat yang memfasilitasi seluruh transportasi publik.

Baca juga: Seperti Ini Konsep Penataan Stasiun Manggarai dan Gondangdia

Ini mulai dari MRT Jakarta, Transjakarta, Commuterline (KCI), Kereta Api (KA) Bandara, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), serta ojek daring.

Tak hanya itu, transport hub Dukuh Atas juga akan menyediakan fasilitas pasar modern, ritel, perkantoran dengan konsep smart-building (bangunan pintar).

Transport hub ini nantinya akan dibangun setinggi 14-15 lantai dengan target operasional tahun 2023.

Tak hanya transport hub, di kawasan yang sama juga akan dibangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas sepanjang 250 meter.

Untuk diketahui, JPM Dukuh Atas dibangun oleh PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (Perseroda) atau MITJ.

Konstruksi JPM akan dimulai pada tahun 2022 mendatang dan bisa digunakan seiring dimulainya pengoperasian LRT Jabodebek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com