Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Bor Tunnel 1 Kereta Cepat Jakarta Bandung Sabet Rekor MURI

Kompas.com - 15/12/2020, 18:32 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menyematkan rekor pada mesin bor yang digunakan di Tunnel 1 Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), sebagai Mesin Bor Terbesar Pembuat Terowongan di Indonesia.

Tunnel Boring Machine (TBM) raksasa itu memiliki diameter sebesar 13,23 meter dengan panjang 102.3 meter, berat 2.600 ton dan menjadi mesin bor TBM terbesar se-Asia Tenggara.

TBM kereta cepat ini beroperasi menggali struktur tunnel 1 dengan rata-rata 113 meter per bulan.

Saat beroperasi maksimum, TBM kereta cepat mampu menggali hingga 322 meter dalam satu bulan.

Baca juga: Tunnel 1 Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Dibangun

Site Manager Tunnel 1 Sinohydro Han Jiping memaparkan bahwa TBM KCJB beroperasi selama 13 bulan hingga Tunnel 1 berhasil ditembus sepanjang 1.885 meter.

“Rata-rata TBM beroperasi 113 meter per bulan. Namun dalam keadaan optimal, satu bulan TBM dapat beroperasi hingga mencapai 322 meter,” kata Han, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya TBM ini didatangkan khusus untuk menggali struktur Tunnel 1 Halim. Pertama kali mendarat di Indonesia pada Februari 2019 untuk kemudian dirakit dan melalui tahapan commissioning Maret 2019.

Setelah mendapatkan izin operasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) pada bulan Oktober 2019, TBM KCJB resmi beroperasi menggali struktur Tunnel 1.

TBM melintasi bagian bawah area-area kritis seperti LRT, gerbang dan jalan tol Jakarta-Cikampek, perumahan, dan fasilitas sosial seperti masjid.

Baca juga: Hingga 2020, Progres Kereta Cepat Jakarta Bandung Tembus 64,4 Persen

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Chandra Dwiputra menambahkan, pemilihan metode penggalian Tunnel 1 dengan menggunakan TBM merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar selama proses pembangunan.

“Tunnel 1 dikonstruksikan dengan menggunakan mesin bor terbesar yang pernah ada di Indonesia dan Asia Tenggara, yang memungkinkan proses pengeboran dilakukan tanpa memengaruhi aktivitas di permukaan," tuntas Chandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com