Tak Lama Lagi, Tol Cibitung-Gabus Indah Beroperasi

Kompas.com - 15/12/2020, 14:00 WIB
Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC), Kamis (10/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAProyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC), Kamis (10/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi,  Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah) beroperasi.

Hal ini menyusul progres pembangunan jalan bebas hambatan ini yang telah mencapai 97 persen dan ditargetkan tuntas pada Januari 2021.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways Thorry Hendrarto mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

"Rampungnya Januari 2021 dan saat ini progres fisiknya (Seksi 1) sudah mencapai 97 persen," terang Thorry.

Sementara itu, pembebasan lahan dari Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah) mencapai 100 persen.

Pembangunan trase tersebut tidak mengalami kendala berarti. Saat ini, Perusahaan sedang dalam proses penyelesaian jembatan yang melintasi Kalimalang.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Ditargetkan Operasional Mei 2021

Meski demikian, Thorry menegaskan, Tol Cibitung-Cilincing belum dapat beroperasi fungsional pada momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Secara keseluruhan, progres pembangunan Tol Cibitung-Cilincing mencapai 82,4 persen per akhir November dan pembebasan lahan 91,6 persen.

Jalan bebas hambatan ini diperkirakan tuntas pada pertengahan tahun 2021 atau tepatnya Juli.

Perlu diketahui, proyek Tol Cibitung-Cilincing membentang sepanjang 34 kilometer ini dikerjakan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

Tol ini terdiri atas 4 seksi yakni, Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih/Cibitung-Gabus Indah sepanjang 2,96 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Telaga Asih-Tembelang/Gabus Indah-Muara Bakti sepanjang 9,41 kilometer, Seksi 3 Tembelang-Mekarjaya/Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 13,09 kilometer.

Sementara itu, Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing/Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 8,56 kilometer.

Keberadaan tol itu diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan mengurangi pengeluaran angkutan logistik di wilayah timur ke utara Jakarta serta membuka kesempatan perkembangan perekonomian di sekitarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X