Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digugat Pailit oleh Acset, Siapakah China Sonangol?

Kompas.com - 19/11/2020, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Acset Indonusa Tbk atau Acset bersama China Construction Eight Enginering Divison Corp Ltd atau CCEED dan PT Bintai Kidenko Engineering Indonesia mengajukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) atas PT China Sonangol Media Investment atau CSMI.

Permohonan PKPU atas CSMI ini telah didaftarkan pada Kamis (12/11/2020) dengan nomor perkara 385/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Mengutip laman Pengadilan Niaga di Pengadilan (PN) Jakarat Pusat, penetapan PKPU sementara termohon PKPU paling lama 45 hari terhitung sejak putusan perkara.

Perlu diketahui, Acset, CCEED, dan PT Bintai Kidenko Engineering Indonesia melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) atas proyek pencakar langit kembar Indonesia 1 atau Indonesia One.

KSO ini memiliki hubungan profesional dengan CSMI selaku kontraktor dan pemberi kerja.

Proyek Indonesia One menarik perhatian khalayak karena saat peletakkan batu pertamanya dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Sabtu (23/5/2015).

Baca juga: Acset Gugat Pailit China Sonangol, Menara Kembar Indonesia 1 Terancam Mangkrak

Selain itu, lokasi proyek ini juga premium, berada di jantung ibu kota Jakarta yakni Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Karena itulah, nilai investasi yang bakal dibenamkan juga tak tanggung-tanggung, sekitar Rp 8 triliun.

Lantas, siapakah CSMI ini?

CSMI merupakan perusahaan patungan antara China Sonangol Land dan Media Group dalam kepemilikan proyek pencakar langit kembar Indonesia 1.

China Sonangol Land ini merupakan anak usaha dari China Sonangol International Ltd yang bermarkas di Hong Kong, China.

Melansir Blooomberg, China Sonangol International Ltd sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di sektor energi dan berkonsentrasi dalam industri minyak dan gas.

Perusahaan yang berdiri pada 23 September 2005 silam ini mengeksplorasi, mengembangkan, memproduksi, dan menjual minyak mentah.

Baca juga: 5 Pencakar Langit Jakarta yang Diprediksi Rampung Tahun Ini

Selain itu, China Sonangol International Ltd juga terlibat dalam investasi properti dan hotel serta kepemilikan investasi lainnya.

Kompas.com menelusuri lebih lanjut rekam jejak perusahaan ini. Namun, sejauh ini tidak dapat ditemukan, bahkan laman resmi China Sonangol International Ltd pun www.chinasonangol.com tak dapat diakses lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com