Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2024, 12:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakcoy merupakan jenis sawi yang banyak disukai. Sayuran ini memiliki rasa enak dan bisa diolah menjadi berbagai makanan. 

Selain enak, pakcoy termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan. Sayuran ini juga memiliki umur pendek, sehingga cocok ditanam di rumah. 

Baca juga: Cara Menanam Pakcoy di Kebun Belakang Rumah

Dikutip dari Sow Right Seeds, Minggu (12/5/2024), berikut ini cara menanam pakcoy dari biji dengan mudah dan cepat tumbuh. 

Syarat tumbuh tanaman pakcoy

tanaman pakcoyShutterstock/taniuntung tanaman pakcoy

Meski mudah dibudidayakan, pakcoy tetap memiliki syarat tumbuh yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitasnya. 

Tanaman pakcoy memerlukan pencahayaan langsung minimal empat jam setiap hari. Tanaman ini bisa tumbuh di tempat teduh parsial atau terkena sinar matahari langsung, asalkan mendapatkan sinar matahari sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Langkah-langkah Menanam Baby Pakcoy di Rumah

Selain penyinaran matahari, suhu lingkungan juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Pakcoy akan tumbuh dengan baik di lingkungan dengan suhu 12 sampai 23 derajat Celcius. 

Menyemai biji pakcoy

Biji tanaman pakcoy sebenarnya bisa langsung ditanam di lahan atau polybag tanam, namun pertumbuhannya akan lebih baik jika biji disemai terlebih dahulu. 

Biji yang disemai akan beradaptasi dengan mudah di lingkungan tempat tumbuhnya. Selain itu, penyemaian juga berguna untuk melindungi bibit atau tanaman muda dari serangan hama dan penyakit, perubahan cuaca, dan hal lain yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. 

Penyemaian biji pakcoy bisa dilakukan di dalam ruangan. Caranya, siapkan wadah semai dan isi dengan media tanam yang subur. 

Baca juga: Langkah Menyemai Benih Pakcoy untuk Ditanam secara Hidroponik

Lalu, taburkan biji di atas media tanam, kemudian tutup tipis dengan tanah. Letakkan persemaian di dekat lampu atau area yang terkena sinar matahari agar biji bisa tumbuh dengan sehat. 

Selama penyemaian, pastikan media tanam dalam kondisi lembap agar biji bisa tumbuh dengan maksimal. 

Memindahkan bibit pakcoy ke lahan

Biji pakcoy yang sudah disemai akan tumbuh menjadi bibit atau tanaman muda. Jika bibit sudah memiliki tiga sampai empat daun asli dan sistem akar sudah berkembang, maka bibit siap dipindahkan ke lahan budidaya. 

Lahan yang akan ditanami pakcoy perlu diolah terlebih dahulu sampai gembur. Lalu, buat bedengan dan lubang tanam di lahan tersebut. 

Letakkan bibit pakcoy pada lubang tanam yang sudah dibuat, kemudian tutup dengan tanah sambil dipadatkan agar bibit tidak rebah. Jangan lupa untuk mengatur jarak tanamnya agar bibit bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Baca juga: Cara Menanam Sawi Menggunakan Botol Plastik Bekas

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com