Kompas.com - 15/05/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi baby pakcoy Unsplash/Monika GrabkowskaIlustrasi baby pakcoy

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menanam tanaman hias daun dan bunga, merawat tanaman sayuran juga bisa menjadi pilihan menarik.

Tak hanya menjadikan rumah semakin asri, tapi Anda bisa memanen hasil sayuran yang ditanam sendiri. Ada berbagai jenis sayuran yang bisa menjadi pilihan, salah satunya baby pakcoy. 

Baca juga: 7 Sayur dan Buah yang Bisa Ditanam Kembali, Menghemat Belanjaan

Dilansir dari HomeGuides, Sabtu (15/5/2021), baby pakcoy, yang juga disebut kubis cuna kerdil dan sawi, adalah sayuran batang berdaun kecil yang digunakan dalam tumisan, salad, dan hidangan lainnya.

Baby pakcoy mencapai kematangan dalam waktu 40 hari dan dipanen saat tingginya mencapai empat hinga lima inci. Bagi Anda yang berminat menanamnya, berikut ini beberapa langkah menanam baby pakcoy di rumah.  

Baca juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Dalam Pot

Drainase yang Baik 

Baby pakcoy merupakan tanaman sayur yang memerlukan tanah dengan drainase yang baik serta mendapat setidaknya enam jam sinar matahari dalam sehari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum menanam bibit, tambahkan tanah dengan kompos agar tanah memiliki kualitas yang baik. Kemudian, taburkan benih pada akhir musim panas. Hal ini bertujuan menghindari paparan sinar matahari yang terik pada musim panas. 

Baca juga: 4 Langkah Memulai Kebun Sayur Dalam Ruangan untuk Pemula

Beri Jarak 

Setelah itu taburkan benih dengan kedalamanan seperempat hingga setengah inci dan beri jarak masing-masing benih tiga hingga empat inci. Saat baby pakcoy tumbuh, pangkas tanaman dengan jarak delapan hingga 12 inci. 

Jaga Tanah Lembap 

Sirami tanaman sekitar satu inci setiap minggu demi menjaga tanah tetap lembap. Namun, hindari menyiram tanaman terlalu banyak air atau hingga tanah basah kuyup. 

Baca juga: 4 Tanaman Sayur yang Dapat Ditanam di Dalam Pot

Lakukan pemupukan dengan pupuk berimbang sesuai dengan petunjuk label sebelum menaman dan beri pupuk kembali sekitar satu bulan setelah ditanam.  

Mulsa 

Selanjutnya, tambahkan dua hingga empat inci mulsa di sekitar tanaman saat baby pakcoy mulai muncul. Mulsa akan membuat baby pakcoy tumbuh lebih baik. 



Sumber home guide
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X