Kompas.com - 15/05/2021, 10:57 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. UNSPLASH/SEVERIN CANDRIANIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias paling populer. Daunnya yang menarik dan berbentuk hati, penampilannya yang bersulur, dan kemampuannya untuk membersihkan udara di dalam ruangan menjadi daya tarik tanaman ini.

Tidak heran sirih gading menjadi pilihan ideal tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor di rumah maupun di kantor.

Penampilan tanaman sirih gading yang lebat pun dipandang memikat sebagai elemen dekorasi. Namun, bagaimana cara membuat sirih gading lebih lebat?

Baca juga: Antibusuk, Ini 5 Cara Menanam Sirih Gading dengan Media Air

Dilansir dari Epic Gardening, Sabtu (15/5/2021), ada lima cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tanaman sirih gading lebih lebat.

1. Pangkas tanaman sirih gading

Untuk mendapatkan tampilan yang lebat, sirih gading membutuhkan pemangkasan secara rutin. Jika Anda tidak memangkasnya, batangnya akan terus terlihat semakin tipis.

Anda dapat mendorong percabangan, semak, dan memberikan tanaman pemangkasan yang dibutuhkan untuk bentuk yang optimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memangkas sirih gading adalah sebagai berikut.

Baca juga: 5 Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat

  • Gunting kebun
  • Sekop tangan
  • Penyiram tanaman
  • Pupuk cair atau kompos
  • Sarung tangan berkebun

Jika Anda menginginkan tanaman yang tampak lebih penuh dari atas, cukup ambil gunting dan potong batang yang tumbuh ke atas dan ke bawah, sehingga pertumbuhan baru mulai bercabang dari bagian atas tanaman.

Saat memangkas tanaman sirih gading, potong tepat di bawah simpul daun. Dengan cara ini Anda tidak akan meninggalkan batang tanpa pertumbuhan baru di bagian akhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X