Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2022, 15:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang bercocok tanam, sebagian masyarakat mungkin mengira bahwa mereka hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan lahan luas.

Nyatanya, bercocok tanam bisa dilakukan di lahan sempit, bahkan tidak membutuhkan lahan. Ada metode bernama hidroponik yang hanya membutuhkan air dan wadah yang memadai, misalnya gelas plastik dan styrofoam.

Baca juga: Wajib Punya, Ini 5 Peralatan Berkebun Hidroponik untuk Pemula

Sebab, sistem tanam hidroponik tidak membutuhkan tanah yang luas. Mereka pun bisa dilakukan di garasi berkanopi dan berubin. Ada berbagai macam tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, salah satunya sawi.

Melalui akun YouTube HIDROPONIKPEDIA, Bayu Widhi Nugroho selaku praktisi hidroponik memaparkan cara menanam sawi secara hidroponik menggunakan gelas plastik dan styrofoam, Sabtu (25/6/2022). Seperti apa?

Peralatan yang dibutuhkan

Ilustrasi kotak styrofoam.SHUTTERSTOCK / koosen Ilustrasi kotak styrofoam.

Pertama-tama, siapkan media tanam hidroponik yakni rockwool berbentuk persegi panjang, benih sawi, kain flanel yang cukup panjang, dan gergaji besi berukuran kecil.

Kemudian lidi atau tusuk gigi, beberapa gelas plastik merah putih, styrofoam, kawat pembolong, kompor, air, cangkir ukur berukuran 2000 mililiter (ml) atau dua liter, dan nutrisi ab mix yang merupakan pupuk khusus metode hidroponik.

Proses menyemai benih sawi

  • Potong rockwool

Langkah selanjutnya, posisikan rockwool secara memanjang. Lalu, potong dengan gergaji besi secara vertikal hingga setiap bagian terpisah. Beri jarak sekitar dua hingga tiga centimeter (cm) pada setiap garis potong.

Baca juga: Mengenal Rockwool dan Manfaatnya untuk Metode Hidroponik

Ambil salah satu rockwool yang sudah dipotong, posisikan secara memanjang, dan potong secara vertikal hingga menciptakan tiga bagian. Lalu potong secara horizontal hingga menciptakan enam bagian.

Jadi, kamu akan mendapatkan 18 bagian berbentuk kotak. Untuk proses pemotongan hingga menciptakan 18 kotak, jangan sampai setiap bagian terpisah.

Apabila menggunakan lebih dari satu rockwool, ulangi langkah pemotongan untuk menciptakan 18 bagian berbentuk kotak. Sesuaikan dengan jumlah benih sawi yang ingin kamu tanam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com