Kompas.com - 25/06/2022, 13:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang sering terjadi pada rumah atau bangunan.

Oleh sebab itu, penggunaan bahan bangunan tahan api menjadi sesuatu yang dibutuhkan agar dapat meminimalisir risiko bahaya kebakaran.

Jadi, apabila kamu hendak membangun atau merenovasi rumah, pertimbangkan untuk menggunakan beragam bahan bangunan yang tahan api untuk meningkatkan keamanan bangunan.

Baca juga: Memilih Bahan Bangunan yang Tepat Jadi Kunci Mewujudkan Rumah Impian

Dilansir berbagai sumber, Sabtu (25/6/2022), berikut ini delapan bahan bangunan tahan api yang layak digunakan untuk meminimalisir risiko bahaya kebakaran rumah.

Konstruksi rumah betonShutterstock Konstruksi rumah beton
Beton

Beton adalah bahan bangunan tahan api lainnya yang paling sering digunakan untuk konstruksi karena daya tahannya yang kuat.

Ketahanan api pada beton juga lebih baik dari baja. Sebab, dibutuhkan waktu yang lama bagi panas api untuk menembus beton.

Karena kekuatannya tersebut, beton sering digunakan sebagai bahan pelindung baja dalam struktur bangunan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Kaca tahan api

Baca juga: 3 Material Pengganti Meja Kaca yang Pecah

Kaca tahan api atau fireproof glass merupakan kaca khusus yang terdiri dari dua bagian, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam.

Terbuat dari bahan baku tempered glass dengan kekuatan empat kali lebih besar dari kaca biasa, kaca jenis ini memiliki ketahanan api yang tinggi.

Jika terjadi kebakaran, kaca pada lapisan luar akan pecah terlebih dahulu sebelum kaca lapisan dalam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.